10 Manfaat Lada Hitam yang Wajib Diketahui, Bantu Atasi Konstipasi!

Lada hitam merupakan salah satu bumbu andalan saat memasak makanan ala restoran, misalnya seperti sapi lada hitam. Wanginya yang khas membuat lada hitam menjadi salah satu bumbu wajib yang ada di dapur. Usut punya usut, ternyata lada hitam gak hanya bisa untuk melezatkan makanan saja, melainkan juga untuk menyehatkan. Intip manfaat lada hitam tersebut berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-lada-hitam-595x335.jpg

1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang bisa memicu terjadinya kerusakan pada sel tubuh. Meskipun secara alami radikal bebas ini bisa diproduksi pada saat berolahraga dan mencerna makanan, namun radikal bebas berlebihan umumnya diperoleh dari polusi, asap rokok, dan juga sinar matahari. Kerusakan sel akibat radikal bebas bisa berujung pada penuaan dini hingga kanker.
Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas merupakan suatu keharusan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi lada hitam. Lada hitam diketahui memiliki komponen yang disebut piperin, yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya berfungsi mencegah dan memperlambat efek yang ditimbulkan oleh radikal bebas tersebut.

2. Mengatasi Peradangan

Berdasarkan beberapa penelitian, piperin yang merupakan komponen aktif dalam lada hitam kemungkinan efektif dalam mengatasi peradangan. Peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa berujung pada peradangan kronis, yang biasanya dirasakan saat seseorang mengalami kondisi artritis, masalah jantung, diabetes, dan kanker. Jika dibiarkan begitu saja, nyawa bisa menjadi taruhannya.
Penelitian atas manfaat piperin ini dalam mengatasi peradangan dilakukan pada tikus yang mengalami artritis. Penanganan dengan menggunakan piperin membuat benjolan pada tulang sendi menjadi berkurang. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat lada hitam dalam mengatasi peradangan pada manusia.
Baca juga:

3. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Pengonsumsian lada hitam bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium dan selenium. Dengan menambahkan lada hitam pada makanan, maka Sayurfriends bisa nutrisi yang lebih optimal jumlahnya akan bisa diserap ke dalam aliran darah. Dengan begini, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pun akan mudah tercukupi.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pernah gak sih Sayurfriends merasa tersiksa karena sedang mengalami susah buang air besar atau konstipasi? Jika dibiarkan begitu saja, tentu perut pun bakal terasa sangat gak nyaman. Agar kondisi tersebut gak terjadi, tentu saja Sayurfriends harus menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengonsumsi lada hitam.
Pengonsumsian lada hitam akan membantu menstimulasi asam hidroklorida dalam lambung, sehingga membuatnya menjadi lebih mudah mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, sifat karminatif yang dimilikinya juga akan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penumpukan gas di usus.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh bakal lebih kuat dalam menghadapi infeksi yang bisa memicu penyakit. Lada hitam memiliki komponen aktif yang berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini sendiri bakal digunakan oleh tubuh dalam memerangi bakteri dan virus yang coba menginfeksi tubuh.

6. Mencegah Kanker

Lada hitam bisa Sayurfriends manfaatkan untuk mencegah atau menurunkan risiko kanker. Perannya dalam pencegahan kanker ini tentu gak bisa dilepaskan dari kandungan piperin yang dimilikinya, berikut dengan antioksidan lainnya yang bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Jika tubuh terlindungi dari radikal bebas, risiko kanker pun akan bisa berkurang.

7. Mengobati Demam dan Batuk

Demam dan batuk sudah menjadi penyakit rutin bagi kebanyakan orang. Pun begitu, tetap saja efek yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut membuat tubuh jadi terasa gak nyaman, apalagi jika harus dibawa beraktivitas. Nah, bagi Sayurfriends yang malas mengonsumsi obat-obatan dari dokter, bisa konsumsi lada hitam untuk mengobati demam dan batuk tersebut.
Sifat anti-bakteri yang dimiliki oleh lada hitam merupakan kunci dalam mengobati batuk dan demam tersebut. Sayurfriends bisa mencampurkan lada hitam yang sudah dihaluskan dengan sesendok madu, untuk mengobati demam yang sedang mendera. Pengonsumsian lada hitam ini juga bisa mengatasi rasa sesak pada dada yang disebabkan oleh polusi dan flu.

8. Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang ingin menurunkan berat badan, lada hitam mungkin bisa jadi salah satu bahan yang diandalkan. Lapisan terluar lada hitam diketahui mengandung fitonutrien, yang bakal membantu dalam hal memecah sel lemak dan juga meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang bagus, bakal membuat kalori tubuh lebih cepat dibakar.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit bisa Sayurfriends jaga dengan menggunakan lada hitam. Lada hitam berperan sebagai eksfoliator, yang bisa mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga kulit bakal bisa jadi lebih cerah dan terhindar dari kekusaman. Perlu diperhatikan, pastikan untuk mencampurkan lada hitam dengan madu atau
fresh cream
sebelum digunakan.
Baca juga:

10. Meningkatkan Fertilitas Pria

Pengonsumsian lada hitam merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan pada pria. Lada hitam disebut bisa meningkatkan level testosterone, karena kandungan zink dan magnesiumnya yang melimpah. Lada hitam juga bakal meningkatkan jumlah sperma dan juga pergerakannya.
Lebih dari sekadar bumbu dapur untuk melezatkan masakan, lada hitam juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Deretan manfaat lada hitam yang disebutkan di atas bisa Sayurfriends peroleh, baik dengan mengonsumsinya ataupun mengaplikasikannya. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang dengan memanfaatkan bahan alami, salah satunya seperti lada hitam.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox