Cari Tahu 10 Manfaat Jus Seledri dan Waktu Terbaik untuk Meminumnya

Bagi sebagian orang, jus seledri memang masih terdengar cukup asing. Seledri sendiri lebih sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan dibanding sebagai bahan membuat jus. Tak heran, nama seledri tak sepopuler seperti jus sayuran lainnya. Namun, jangan salah dulu! Ada banyak manfaat jus seledri yang tak kalah baiknya bagi kesehatan. Bahkan, kandungan vitamin A yang dimilikinya terbilang tinggi.
Selain itu, batang seledri pun kaya akan sumber vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, hingga vitamin C yang kaya akan pasokan potasium, kalsium, magnesium, besi, fosfor, folat, natrium, dan kandungan asam amino esensial. Nah, berikut ini adalah 10 manfaat jus seledri yang wajib kamu ketahui.

Ini manfaat jus seledri yang wajib kamu ketahui

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/vegetables-2085017_1920-595x446.jpg
Manfaat Jus Seledri dan Waktu Terbaik untuk Meminumnya. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat mengonsumsi sayuran hijau yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Begitu juga jika kamu mengonsumsi jus seledri.
Kandungan senyawa 3-N-butylphthalide yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Jika kamu rutin mengonsumsinya, maka kadar kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida dalam tubuh dapat menurun dan tubuh kamu juga akan terasa lebih sehat.

2. Meringankan nyeri sendi

Seledri juga kerap dimanfaatkan sebagai obat meringankan gejala nyeri sendi. Kandungan antiinflamasi yang ada di daunnya diyakini mampu membantu meringankan gejala sakit pada radang sendi dan rematik. Selain senyawa 3-N-butylphthalide, kandungan pada batang seledri juga dipercaya sebagai obat diuretik untuk mengatasi asam urat.

3. Menurunkan tekanan darah

Rutin mengonsumsi jus seledri juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut tentunya berkat kandungan kalium yang ada di dalamnya. Seperti yang kamu ketahui, kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Makanan dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar, kamu bisa mengonsumsi jus yang satu ini secara rutin.
Jus seledri dipercaya mampu meredakan kembung, meningkatkan sirkulasi darah pada usus, serta mencegah penyakit ulkus dengan cara meningkatkan produksi mukus.

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu infeksi yang terjadi pada organ area saluran kemih, termasuk juga ginjal hingga uretra. Untuk mencegah terjadi infeksi ini, kamu bisa mengonsumsi jus seledri secara rutin.
Daun seledri sendiri memang kerap dijadikan sebagai obat diuretik dan dipercaya mampu mencegah infeksi saluran kemih. Di sisi lain, seledri juga dapat membantu merangsang produksi urin seseorang. Namun harus diingat, kamu juga harus menjaga konsumsi air yang cukup agar tidak terjadi masalah tersebut.
Kamu yang ingin membuat jus seledri? Kamu bisa membeli seledri dan bahan-bahan sayuran serta buah lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, klik tombol di bawah ini, ya!

6. Membantu menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang dalam masa program menurunkan berat badan, kamu bisa memanfaatkan jus seledri sebagai alternatif asupan dalam menu sehat kamu.
Selain kaya akan nutrisi, seledri juga kaya akan serat dan rendah kalori. Karakteristik tersebut tentunya sangat cocok dalam memenuhi kebutuhan asupan tubuh kamu saat menjalankan program diet. Kandungan vitamin dan mineral pada seledri juga cukup tinggi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkena malnutrisi.

7. Sumber antioksidan

Pola hidup yang tidak sehat serta polusi udara yang terus memburuk tentunya membuat tubuh dapat terserang radikal bebas. Untuk itu, kamu membutuhkan antioksidan untuk menangkalnya. Salah satu sumber utama untuk mendapatkan antioksidan yang baik yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
Seledri sangat cocok menjadi salah satu sumber antioksidan bagi tubuh karena kaya vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan senyawa antioksidan lainnya.

8. Sebagai antikanker

Manfaat jus seledri lainnya yaitu sebagai antikanker. Manfaat tersebut tentunya tak lepas dari kandungan seledri itu sendiri sebagai antioksidan. Tak hanya menjaga kemampuan kerja organ, peran lain antioksidan juga sebagai pencegah terjadinya kerusakan sel tubuh yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit kanker.

9. Menjaga kesehatan hati

Peran hati sebagai filter racun yang masuk ke tubuh tentunya sangat penting. Sebuah penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin maka dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam hati serta menjaga fungsi kerja hati.

10. Meningkatkan sistem imun

Sistem kekebalan tubuh atau yang juga dikenal sebagai sistem imun tentunya harus dijaga dengan baik. Saat cuaca sedang tidak menentu, tak ayal sistem imun tubuh seseorang dapat menurun.
Nah, untuk meningkatkan kekebalan imun, kamu dapat mengonsumsi jus seledri sebagai alternatifnya. Tak hanya berperan sebagai pelindung, seledri juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi. Kemampuan tersebut datang dari senyawa antimikroba yang ada di dalam seledri itu sendiri.

Waktu terbaik untuk meminum jus seledri

Sekarang kamu sudah tahu, kan, 10 manfaat seledri bagi kesehatan? Kira-kita kapan, sih, waktu yang tepat untuk minum jus seledri?
Waktu terbaik untuk minum jus seledri adalah di pagi hari tepatnya setelah bangun tidur. Waktu ini dipilih karena kondisi perut kamu masih dalam keadaan kosong dan belum terisi.  Namun, perlu diperhatikan jka jus seledri bukanlah caloric juice, sehingga pastikan kamu tetap sarapan setelah 15-30 menit minum meminumnya. Apabila terlanjur sudah sarapan, maka kamu bisa meminumnya 30-60 menit setelah makan.
Nah, itulah 10 manfaat jus seledri dan waktu terbaik untuk meminumnya. Bagi kamu yang ingin membuat jus seledri, kamu bisa membeli seledri dan bahan-bahan sayuran serta buah lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, klik tombol di bawah ini, ya!