Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi kamu yang belum mengetahui buah ini, plum adalah buah berair dan lezat yang termasuk dalam genus Prunus dari keluarga Rosaceae yang juga termasuk buah persik, aprikot, dan nektarin. Plum ada dalam beragam warna dan bentuk dengan lebih dari 2000 varietas berbeda. Plum secara luas dibagi menjadi tiga kelompok: Eropa-Asia
(Prunus domestica)
, Jepang (
Prunus salicina)
dan Damson
(Prunus insititia)
Pohon Plum adalah pohon gugur kecil yang tumbuh hingga ketinggian sekitar 10-15 meter dan menghasilkan buah dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan negara asal. Plum adalah buah berbiji dengan lubang halus dan lipatan yang mengalir di satu sisi. Plum mengandung bubur berair bervariasi dari kuning krem ke merah tua. Warna kulit luar dapat sangat bervariasi dari kuning, merah, hingga ungu atau hitam.
Buah plum merah sangat bergizi, dengan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkan. Plum merah mengandung banyak vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Plum, dikenal untuk memperbaiki beberapa kondisi kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.
Yuk,
simak 10 manfaat buah plum merah berikut ini.

Kandungan gizi buah plum merah

100 gram buah plum (1 buah = 66 gram) mengandung 46 kalori, dengan rincian kandungan gizi sebagai berikut:
·
Antioksidan
·
Isatin
·
Serat
·
Vitamin A
·
Vitamin B
·
Vitamin C
·
Vitamin K
·
Sorbitol
·
Mineral
·
Protein
·
Kalium
·
Beta Carotene

Ini manfaat buah plum merah untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/plums-1573000_1920-595x394.jpg
Manfaat Buah Plum Merah untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Plum bermanfaat dalam memperkuat pertahanan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum merah memiliki konstituen imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor, dan bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menjaga imunitas tubuh di tengah banyaknya virus yang ada.

2. Mengontrol Diabetes

Plum menimbulkan efek anti-hiperglikemik dan membantu memerangi diabetes. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal
Biomedical Research
pada 2005 telah menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak plum membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang ada di plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

3. Cegah Osteoporosis

Dengan kamu mengonsumsi buah plum merah kering memberikan tindakan anabolik dan anti-resorptif, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Polifenol, bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah prem kering, mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Bernard P Halloran melakukan penelitian, diterbitkan dalam
Journal of Nutrition,
yang menunjukkan bahwa konsumsi buah plum kering secara teratur membantu dalam pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan. 

4. Membantu Pencernaan

Plum merah adalah sumber serat makanan yang baik, bersama dengan komponen sorbitol dan isatin, yang membantu dalam mengatur sistem pencernaan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam
Alimentary Pharmacology and Therapeutics Journal
, plum merah atau plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit dibandingkan dengan obat lai, layaknya sekam psyllium.

5. Menyehatkan Sistem Saraf

Plum merah mengandung vitamin B6, yang membantu transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran sistem saraf. Ini juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Kandungan tryptophan, asam amino yang ada di dalamnya, membantu produksi neurotransmitter serotonin, yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.
Ingin mencoba manfaat buah plum merah? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah plum berkualitas di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Para peneliti telah memberikan bukti yang mendukung mengenai fakta bahwa asupan reguler buah plum kering membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Dengan ini kamu bisa melindungi kesehatan jantung kamu.

7. Mengatur Tingkat Kolesterol

Plum merah atau plum kering membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Sebuah studi perbandingan oleh para peneliti di
Department of Nutrition, University of California,
telah membuktikan kemanjuran buah plum dibandingkan buah anggur dalam mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

8. Potensi Antikanker

Ekstrak plum merah telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Studi yang dilakukan dan dipublikasikan oleh Dr. Lavanya Reddivari, Dr. Venkata Charepalli, dkk,
Department of Plant Science, The Pennsylvania State University,
telah menunjukkan bahwa komponen epicatechin, hadir dalam plum, membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas. sel kanker dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati. 

9. Perawatan kulit

Plum merah kaya akan vitamin C, bersama dengan antioksidan lain, yang membantu menjaga kulit sehat, bercahaya, dan awet muda. Mengonsumsi plum merah membantu kamu untuk mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti penuaan. Ekstrak plum juga digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti produk pencuci muka.

10. Bahan Makanan

Tentunya kamu tahu bahwa plum merah banyak digunakan dalam makanan, karena rasanya yang manis dan asam, serta aromanya yang menyenangkan. Mereka dapat dinikmati segar dan juga dapat ditambahkan ke puding, selai, dan jeli. Konsentrasi jus plum bekerja dengan sangat baik sebagai pengisi untuk permen dan produk permen, dan sebagai agen pengikat untuk sereal. Plum merah juga dinikmati sebagai bumbu bersama dengan hidangan daging. Hal yang terpenting adalah, memasukkan buah plum merah ke menu diet kamu!
Kini kamu telah mengetahui, bahwa selain menurunkan berat badan, ada 10 manfaat buah plum merah lainnya yang bisa kamu rasakan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah plum berkualitas di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox