10 Manfaat Buah Pir, Segar dan Kaya Nutrisi bagi Tubuh

Apakah Sayurfriends suka makan buah pir? Buah yang satu ini punya kandungan air yang sangat banyak sehingga terasa begitu menyegarkan saat dikonsumsi. Rasanya juga manis sehingga sangat mudah untuk disukai bahkan oleh anak-anak. Ternyata manfaat buah pir itu sendiri sangat beragam, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Yuk, simak apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari buah pir ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/manfaat-buah-pir-595x335.jpg

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah pir punya kandungan serat yang sangat tinggi. Bahkan konsumsi 1 buah pir ukuran sedang sudah bisa memenuhi 22% kebutuhan serat bagi orang dewasa setiap hari.Tidak heran jika jenis buah ini sangat direkomendasikan untuk dimakan setiap hari karena memang bisa memenuhi kebutuhan serat secara efektif. Serat ini sangat dibutuhkan tubuh demi menjaga kesehatan saluran cerna.

Buah pir juga mengandung pektin yang bisa mencegah terjadinya sembelit. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa pemberian pektin sebanyak 24 g per hari selama 1 bulan ternyata bisa menurunkan risiko sembelit. Selain itu, pektin ini juga terbukti mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah pir berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan kulit. Bagi pejuang masalah jerawat, buah pir ini bisa jadi solusi yang tepat. Kandungan dalam buah pir bisa menurunkan inflamasi yang terjadi di kulit dan meredakan jerawat secara efektif. Selain itu, buah pir juga bisa membantu mengatasi infeksi yang terjadi pada kulit.

Buah pir memiliki vitamin dan mineral yang beragam jenisnya. Itulah mengapa buah ini dinilai efektif untuk menyembuhkan masalah jerawat. Tidak cukup sampai di situ, buah pir juga bisa memperbaiki sistem imun. Hal ini kemudian bisa meningkatkan efektivitas tubuh dalam menangkal bakteri. Termasuk bakteri yang menyerang kulit dan memicu jerawat sekaligus infeksi.

3. Memelihara Kekenyalan Kulit

Tidak hanya produk skincare yang bisa membuat kulit jadi kenyal dan lembut. Ternyata buah pir juga bisa memberikan manfaat tersebut. Buah ini mengandung serat dan nutrisi yang bisa mencegah fluktuasi kadar gula darah dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi ternyata bisa merusak kolagen kulit sehingga kulit jadi kasar dan tidak kenyal.

Itulah mengapa konsumsi buah pir ini sangat disarankan demi mendapat tampilan kulit lebih lembut dan kenyal. Selain itu, buah pir juga mengandung banyak air yang bisa mencegah dehidrasi. Jika tubuh mendapatkan asupan air yang memadai dan tidak dehidrasi maka tampilan kulit juga pasti akan membaik.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang sedang diet, buah pir sangat bagus untuk dikonsumsi. Buah satu ini bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif. Tidak heran jika jenis buah satu ini memang sangat populer untuk dikonsumsi saat program diet. Kandungan serat dalam buah pir bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga nafsu makan seseorang bisa lebih terkendali.

Buah pir juga diketahui bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Ada penelitian yang sudah membuktikan hal tersebut. Konsumsi buah pir secara rutin juga terbukti efektif untuk memperkecil ukuran lingkar pinggang.

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat buah pir yang sangat bagus untuk jangka panjang adalah memelihara kesehatan tulang dengan baik. Buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tulang. Misalnya saja seperti vitamin K, kalsium, magnesium, dan fosfor yang bisa membantu memperkuat tulang.

Selain itu buah pir juga mengandung boron. Boron dikenal sebagai zat yang bisa menambah kepadatan mineral di dalam tulang. Fungsi boron adalah menjaga kadar vitamin D dalam tulang agar tetap stabil sehingga kesehatan tulang selalu terkendali. Boron juga bisa membantu meredakan inflamasi yang terjadi di sekitar tulang dan membuat tulang jadi lebih padat.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat buah pir berikutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Jenis buah satu ini mengandung antioksidan berupa prosianidin. Zat ini diketahui bisa mengurangi terjadinya kekakuan di jaringan jantung. Selain itu prosianidin juga bisa menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam darah.

Perlu diketahui bahwa manfaat ini tidak hanya bisa didapatkan dari daging buah pir tapi juga dari bagian kulitnya. Kulit buah pir memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin. Ini merupakan zat antioksidan yang bisa memelihara kesehatan jantung. Quercetin diketahui bisa mengatasi inflamasi dan menurunkan tekanan darah yang tidak terkendali.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi buah pir secara rutin juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit kronis yang bisa dicegah dengan konsumsi buah ini adalah diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung seperti yang sudah dibahas tadi. Hal ini disebabkan oleh fungsi buah pir yang bisa mencegah inflamasi karena kandungan antioksidannya terbilang tinggi.

Selain itu buah pir juga mengandung antioksidan berupa flavonoid. Flavonoid itu sendiri bisa melindungi sel tubuh dari berbagai jenis kerusakan akibat radikal bebas. Inilah yang membuat buah pir bisa mencegah munculnya berbagai jenis penyakit kronis yang berbahaya.

8. Mencegah Dehidrasi

Sayurfriends pasti tahu kalau buah pir ini mengandung banyak air. Itulah mengapa buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Buah ini bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dikonsumsi biasa saja, buah ini memiliki kandungan air yang melimpah dan bisa menghidrasi tubuh.

Tidak heran jika buah pir ini jadi salah satu jenis buah yang menyegarkan. Apalagi jika dibuat jus, sudah pasti kandungan airnya semakin melimpah. Meskipun mengandung banyak air, tapi menariknya buah ini tetap punya rasa manis yang cukup kuat.

9. Mencegah Kembung

Sering kembung setelah makan? Coba saja konsumsi buah pir sebagai dessert. Buah satu ini bisa mencegah munculnya akumulasi gas di dalam perut yang menyebabkan kembung. Umumnya, buah pir ini juga sangat direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Orang yang punya masalah asam lambung biasanya sering merasakan kembung setelah makan.

Setelah makan banyak, tak masalah untuk mengonsumsi sedikit buah pir. Perut jadi terasa lebih nyaman karena tidak kembung. Buah ini juga disarankan untuk dikonsumsi saat Sayurfriends merasa begah saat beraktivitas.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah pir juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara efektif. Buah ini diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh. Jadi, konsumsi buah pir secara rutin bisa efektif mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit.

Tidak hanya itu, buah pir juga mengandung flavonoid dan vitamin K yang juga bisa melawan peradangan. Hasilnya, tubuh akan selalu fit dan bugar. Sayufriends tidak akan mudah sakit meskipun harus berhadapan dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh begitu beragam. Pastikan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin dengan cara yang Sayurfriends sukai. Jangan lupa, ajak juga anggota keluarga untuk mengonsumsi buah ini agar bisa merasakan manfaat yang sama.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox