10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi, Kaya Antioksidan untuk Imunitas

Memasuki usia 6 bulan ke atas, biasanya orang tua sudah memikirkan aneka bahan MPASI untuk si buah hati. Nah, salah satu bahan MPASI favorit adalah buah naga. Buah naga biasanya dijadikan
puree
ataupun diberikan langsung dalam bentuk potongan kecil pada si kecil. Lantas, apa sih manfaat buah naga untuk bayi? Yuk simak aja langsung ulasannya di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-buah-naga-untuk-bayi-595x335.jpg

1. Dukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Buah naga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Buah naga diketahui kaya akan kalsium, di mana ada sebanyak 6 hingga 8 miligram kalsium per 100 gram buah naga. Kandungan kalsiumnya yang tinggi inilah yang sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi.
Bayi yang memperoleh asupan kalsium yang cukup, akan bisa memiliki tulang yang kuat dan tumbuh dengan optimal. Dengan begini, risiko
stunting
atau kondisi di mana tinggi anak di bawah rerata anak seusianya akan bisa dihindari. Asupan kalsium juga akan menghindarkan anak dari risiko gigi yang rapuh dan mudah keropos.

2. Dukung Perkembangan Sel Tubuh

Sel-sel tubuh yang berkembang dengan optimal merupakan salah satu kunci suksesnya tumbuh kembang si buah hati. Agar bisa mendukung perkembangan sel tubuh yang optimal tersebut, salah satu asupan nutrisi yang perlu Sayurfriends pastikan ketercukupannya adalah vitamin C. Nah, vitamin C ini salah satunya bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah naga.
Buah naga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang pernah ada. Merujuk pada kandungan vitamin C yang dimilikinya, jumlahnya tersebut bisa mencukupi sekitar 11 persen kebutuhan vitamin C harian. Melihat dari manfaatnya yang begitu besar ini, Sayurfriends gak perlu lagi ragu untuk memberikan buah naga pada si kecil.
Baca juga:

3. Bantu Menyehatkan Sistem Pencernaan

Gak ada orang tua yang tega melihat anaknya susah BAB atau mengalami yang namanya konstipasi. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberi anak makanan kaya serat, seperti buah naga. Kandungan serat pada buah naga yang melimpah bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga si buah hati bisa terhindar dari konstipasi atau susah BAB.
Manfaat buah naga bagi sistem pencernaan si kecil gak sebatas hanya melancarkan proses pencernaan saja, melainkan juga membantu menjaga kesehatannya. Nutrisi yang terkandung dalam buah naga diketahui memiliki efek laksatif, serta membantu membersihkan usus dari toksin atau zat racun yang bisa mengganggu kesehatan sistem pencernaan.

4. Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu manfaat buah naga untuk bayi. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, risiko si buah hati mengalami infeksi akan berkurang. Buah naga juga merupakan buah kaya antioksidan, yang mana kandungannya ini akan bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

5. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi pada buah naga bisa bermanfaat untuk menjaga atau melindungi kesehatan jantung Sayurfriends dan juga si buah hati,
loh
! Makanya, buah naga menjadi salah satu rekomendasi makanan pertama si kecil, saat dirinya mulai memasuki usia bisa mengonsumsi MPASI. Sayurfriends bisa memberi si kecil buah naga secara rutin, agar kesehatan jantungnya terjaga.

6. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Salah satu vitamin esensial yang memiliki peran begitu besar dalam menjaga kesehatan mata dan kualitas penglihatan adalah vitamin A. Nah, vitamin A ini bisa Sayurfriends peroleh dari buah naga, yang memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin A. Asupan vitamin A yang diperoleh si kecil dari buah naga akan bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatannya.

7. Mencegah Anemia

Pengonsumsian buah naga juga bisa mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah pada si buah hati. Buah naga kaya akan zat besi, di mana zat besi ini berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Perlu Sayurfriends ketahui, terjadinya anemia pada si buah hati bisa memicu gangguan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

8. Memastikan Sistem Saraf Bekerja dengan Efektif

Manfaat buah naga untuk bayi yang juga perlu Sayurfriends ketahui adalah membantu mendukung perkembangan sistem sarafnya. Buah naga memiliki kandungan berupa fosfor, sodium, dan kalsium, di mana asupan nutrisi tersebut akan memastikan sistem saraf bisa bekerja dengan optimal dan efektif.
Baca juga:

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Yuk jaga kesehatan kulit si kecil dengan memberinya buah naga. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah naga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Gak hanya itu saja, kandungan vitamin C tersebut juga akan bisa menjaga tekstur lembut khas kulit bayi yang dimiliki oleh si buah hati.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Orang tua mana sih yang gak ingin buah hatinya memiliki rambut yang sehat? Sayurfriends sendiri bisa mewujudkan hal tersebut dengan memberikan buah naga bagi si buah hati. Kandungan zat besi yang dimiliki buah naga diketahui bermanfaat untuk menguatkan dan menutrisi rambut. Dengan begini, rambut si buah hati bisa tumbuh sehat dan lebat.
Yuk bantu cukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh si buah hati di masa tumbuh kembangnya dengan memberinya buah naga. Ada begitu banyak manfaat buah naga untuk bayi, di antaranya adalah 10 manfaat yang disebutkan di atas. Sayurfriends bisa mengolah buah naga menjadi
puree
atau pun langsung memberikannya dalam bentuk potongan kecil pada si kecil.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox