10 Manfaat Buah Jeruk, Bikin Tubuh Sehat hingga Kulit Glowing

Bukan hanya enak dan segar, buah jeruk ternyata punya banyak sekali manfaat. Buah yang satu ini bisa dimakan langsung, dibuat jus, dijadikan pelengkap puding, dan lain sebagainya. Manfaat buah jeruk itu sendiri sangat banyak gak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kulit. Langsung saja yuk simak apa saja manfaat yang diberikan dari buah segar satu ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-buah-jeruk-595x335.jpg

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pertama dari buah jeruk adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Memang gak bisa dipungkiri kalau makanan yang masuk ke tubuh sehari-hari seringkali punya kadar kolesterol yang tinggi. Semakin sulit untuk dikendalikan jika seseorang ternyata gak memiliki gaya hidup yang sehat.

Jika kadar kolesterol ini gak dikendalikan dengan baik maka akan terus meningkat dan bisa mengancam kesehatan tubuh. Itulah mengapa dibutuhkan konsumsi jeruk yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Buah ini punya kandungan serat di dalamnya yang bisa memangkas jumlah kolesterol jahat.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Semua pasti setuju kalau jantung adalah pusat kehidupan seseorang. Tentunya kesehatan jantung harus benar-benar dijaga dengan baik. Salah satunya lewat konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah jeruk. Jenis buah yang satu ini diketahui sangat efektif menjaga kesehatan jantung.

Bukan hanya buah jeruknya yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, bahkan kulit jeruk pun bermanfaat. Kulit jeruk diketahui mengandung polymethoxylated flavones atau PMFs dan d-limonene yang ternyata bisa membantu detoksifikasi lever dan menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Semua peran tersebut akan berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung.

3. Memelihara Tulang Sehat dan Kuat

Jeruk juga bisa membantu memelihara tulang tetap sehat dan kuat. Jeruk merupakan jenis buah yang punya kandungan vitamin C cukup tinggi. Ternyata vitamin C ini bisa membantu proses penyerapan kalsium dan vitamin D jadi lebih efektif. Seperti diketahui bahwa keduanya sama-sama dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang.

Konsumsi jeruk secara rutin akan membantu penyerapan kalsium dan vitamin D jadi lebih optimal. Secara otomatis kekuatan tulang pun jadi lebih bagus. Manfaat ini gak hanya dibutuhkan anak-anak namun juga orang dewasa untuk mencegah osteoporosis di usia lanjut.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat buah jeruk berikutnya adalah mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Bagi orang-orang yang punya masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, jeruk jadi salah satu pilihan buah yang sangat direkomendasikan. Jenis buah yang satu ini mengandung flavonoid bernama hesperidin yang ternyata berperan besar dalam mengendalikan tekanan darah.

Jeruk juga memiliki kandungan magnesium yang bisa membantu mengontrol agar tekanan darah gak melonjak tinggi. Itulah mengapa jeruk jadi salah satu buah pilihan yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Cocok untuk mencegah kondisi hipertensi dan bisa menurunkan tekanan darah bagi yang sudah mengalami hipertensi.

5. Mencegah Dehidrasi

Pasti kenal kan apa itu dehidrasi? Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan cairan. Biasanya terjadi saat cuaca sangat panas atau saat tubuh gak minum untuk jangka waktu lama. Sayangnya, kondisi ini sering disepelekan oleh banyak orang padahal bisa memberi dampak buruk yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan banyak orang yang tetap saja malas minum cukup air setiap hari.

Jeruk adalah jenis buah yang mengandung banyak air. Kandungan air yang dimiliki buah jeruk bahkan diketahui mencapai 87%. Jadi gak heran jika buah satu ini disarankan untuk dikonsumsi demi mencegah dehidrasi. Tanpa dibuat jus sekalipun buah ini sudah secara alami mengandung cukup banyak air.

6. Memelihara Ginjal Tetap Sehat

Manfaat buah jeruk selanjutnya yaitu memelihara ginjal supaya tetap sehat. Nah, jeruk ini merupakan salah satu sumber sitrat dan asam sitrat. Keduanya sangat dibutuhkan tubuh dan salah satu fungsinya adalah membantu mencegah munculnya batu ginjal.

Perlu dicatat ya kalau ginjal itu bagian organ tubuh manusia yang sangat penting. Jadi kesehatan dari organ tubuh ini harus benar-benar dijaga dengan baik. Itulah mengapa konsumsi jeruk secara rutin itu sangat dibutuhkan supaya ginjal tetap sehat dan selalu bisa berfungsi normal.

7. Mempertahankan Kerja Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat buah jeruk adalah bisa bekerja efektif mempertahankan fungsi sistem pencernaan agar selalu lancar. Buktinya, banyak sekali menu makanan Cina berbahan daging yang ternyata diolah bersama kulit jeruk. Apa tujuannya? Tentu saja untuk membantu pencernaan daging dan makanan berlemak jadi lebih lancar sekaligus mudah.

Ada banyak juga ahli yang menyarankan konsumsi segelas air lemon di pagi hari dengan tujuan menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Air lemon ini memiliki khasiat membersihkan sampah makanan yang mungkin masih tersisa di dalam saluran pencernaan. Hanya saja memang ini mungkin kurang cocok jika diterapkan oleh penderita masalah lambung jadi perlu dikonsultasikan terlebih dahulu.

8. Meningkatkan Mood

Semua orang pasti pernah merasakan mood naik turun. Kalau sudah begini aktivitas juga bisa terhambat karena mood yang buruk berpengaruh juga pada semangat dalam diri kita. Salah satu cara untuk memperbaiki mood adalah dengan makan makanan yang sehat dan tentunya enak seperti buah jeruk.

Buah jeruk ini memiliki kandungan folat yang tinggi dan bisa membentuk serotonin. Serotonin merupakan zat kimia yang ditemukan dalam otak dan berhubungan dengan rasa senang. Itulah mengapa konsumsi buah jeruk baik jeruk nipis, jeruk keprok, maupun jeruk lemon sangat efektif meningkatkan mood dan menambah semangat.

9. Mencegah Anemia

Buah jeruk juga diketahui efektif untuk mencegah anemia. Anemia adalah gangguan kesehatan karena sel darah merah dalam tubuh berkurang. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan zat besi. Pencegahan anemia bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Selain itu, konsumsi buah jeruk juga bisa membantu mencegah penyakit tersebut. Buah ini kaya akan vitamin C dimana vitamin tersebut diketahui bisa meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Jadi penyerapan zat besi dari makanan yang masuk ke tubuh bisa jauh lebih optimal.

10. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Konsumsi buah memang bisa memberi manfaat baik bagi kulit. Salah satu buah yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C yang mengandung banyak beta-karoten. Ini merupakan jenis antioksidan yang mampu memberikan perlindungan optimal bagi kulit terhadap berbagai jenis kerusakan.

Sayurfriends harus tahu bahwa setiap hari kulit terpapar radikal bebas. Ini bisa membuat lapisan kulit mengalami kerusakan. Kulit bisa jadi kering, kusam, dan menunjukkan tanda-tanda iritasi. Demi mencegah kondisi ini maka dibutuhkan antioksidan dari bahan-bahan makanan yang dikonsumsi dan salah satunya adalah buah jeruk.

Nah, sekarang Sayurfriends jadi paham apa saja manfaat buah jeruk. Buah ini sangat mudah dijumpai di pasaran dan harganya juga murah, kok. Jadi gak ada alasan untuk melewatkan buah yang satu ini. Langsung saja konsumsi buah ini secara rutin dengan cara yang Sayurfriends sukai demi mendapatkan beragam manfaatnya.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox