Cukup Dihangatkan Saat Sahur, Ini 10 Makanan yang Awet Disimpan Selama Ramadan

Selama bulan Ramadan, ibadah puasa menjadi kewajiban bagi umat muslim dan muslimah. Maka dari itu, sahur menjadi momen penting untuk memastikan tubuh kuat berpuasa saat siang hari dan mendapatkan gizi dan nutrisi yang baik. Menu sahur praktis menjadi pilihan agar saat menyiapkannya tak memerlukan waktu lama.Yuk, simak cukup dihangatkan saat sahur, ini 10 makanan yang awet disimpan selama Ramadan berikut ini.

Ini makanan yang awet disimpan selama Ramadan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/05/fried-meat-on-white-plate-2338407-595x397.jpg

Makanan yang Awet Disimpan Selama Ramadan. (Foto: Pixabay)

1. Telur Asin

Jenis telur ini merupakan istilah umum untuk makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara pengasinan. Telur asin yang beredar di pasaran adalah telur asin dari telur bebek. Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk telur rebus atau mentah, jangan khawatir karena telur yang telah diasinkan dapat bertahan lebih lama dibanding telur biasa. Telur asin baik dikonsumsi dan awet untuk disimpan bahkan dalam kurun waku satu bulan, lho. Saat sahur, kamu dapat merebus telur asin dan memakannya dengan nasi hangat.

2. Kentang Mustofa

Kentang mustofa atau kentang kering ini bisa jadi pilihan untuk makanan awet yang bisa kamu simpan selama Ramadan. Kering kentang adalah olahan kentang yang digoreng kering dan diberi bumbu pedas-manis dan teksturnya garing. 

3. Kering Tempe

Untuk makanan yang satu ini, kamu dapat membuatnya dalam jumlah yang banyak untuk kamu jadikan stok makanan. Kering tempe hanya cukup kamu hangatkan saat sahur. Makanan sederhana yang kaya protein ini bisa kamu jadikan alternatif untuk lauk sahur. Rasanya gurih, manis, pedas dan terksturnya renyah, cocok untuk pendamping nasi panas.

4. Abon

Sudah tak heran lagi kan, ketika membaca kata abon. Yup, abon memang dibuat untuk menjadi stok makanan. Abon adalah makanan yang terbuat dari serat-serat daging hewan. Abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Ada banyak jenis abon seperti abon sapi, kambing, ikan tuna, kepiting, dan udang. 

5. Dendeng

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin, atau manis, lalu diolah dengan cara dikeringkan dengan api kecil. Hasilnya adalah daging asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di kulkas. Saat sahur kamu hanya perlu menghangatkan dendeng dan sudah siap santap.

Ingin mencoba makanan yang awet disimpan selama Ramadan ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli makanan yang awet disimpan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

6. Aneka Sambal

Bagi kamu penyuka pedas wajib punya stok sambal nih! Sekarang sambal sudah banyak yang dikemas rapi dan higienis dengan berbagai varian seperti sambal bawang, sambal teri, sambal terasi, sambal jeruk, sambal cakalang, sambal pecel dan banyak lagi. Saat makan menu sahur kamu gak bosen deh!

7. Ayam Bumbu Kuning

Makanan awet selanjutnya adalah ayam bumbu kuning ungkep. Bagi kamu si pecinta ayam, pasti olahan makanan yang satu ini selalu ada di rumah, bukan?

Selain praktis, ayam bumbu kuning ungkep ini juga lezat dan sehat untuk dikonsumsi keluarga, lho. Agar lebih awet, simpan ayam yang sudah dioleh pada wadah yang tertutup, kemudian letakan di lemari es. Saat sahur kamu hanya perlu menggoreng ayam ketika ingin makan.

8. Rendang Daging

Makanan khas Sumatera Barat ini tak hanya lezat, namun juga tahan lama untuk disimpan beberapa hari. Tak perlu menyimpannya di kulkas, kamu cukup menyimpan rendang di lemari makan dan panaskan rendang jika ingin dikonsumsi saat sahur. Dijamin makin lezat dan bumbunya semakin meresap!

9.Kornet

Makanan awet yang bisa disimpan selama Ramadan selanjutnya adalah kornet. Kornet adalah olahan daging cincang yang diawetkan. Dengan kornet kamu bisa membuat olahan simpel seperti nasi goreng kornet, telur goreng kornet, dan tumis kornet.

10. Sarden

Makanan yang awet disimpan ini merupakan olahan ikan yang diawetkan dan dikemas ke dalam kaleng. Sarden juga sangat mudah dan praktis mengolahnya, cukup masak sarden dan tambahkan potongan cabe atau tomat dan garam sesuai selera. Sarden dan nasi panas, menu sahur jadi nikmat!

Jadi, dari 10 makanan yang awet disimpan selama Ramadan ini, mana yang menjadi favoritmu? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli makanan yang awet disimpan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox