Ngangenin, Ini 10 Makanan Khas Ramadan yang Wajib Dicoba

Bulan ramadan menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu oleh umat Muslim di Indonesia. Siapa yang tidak rindu? Bila suasana nyaman dan meneduhkan selalu menjadi penghias selama bulan ramadan berlangsung. Selain itu, ada banyak momen yang juga dikangenin dari Bulan ramadan, seperti momen sahur, momen buka bareng, momen terawih jamaah, dan momen ngabuburit. Coba di sini absen dulu kalian tim yang ngabuburit jalan-jalan atau ngabuburit cari makan untuk berbuka? Nah, ini dia yang tak kalah spesial yaitu makanan khas Ramadan yang hanya muncul ketika bulan puasa. Yuk, sambil menunggu momen berpuasa kita absen satu per satu apa saja makanan khas Ramadan yang bikin kangen.

Ini makanan khas ramadan yang wajib dicoba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/asian-food-608973_1920-595x397.jpg

Makanan Khas Ramadan yang Wajib Dicoba. (Foto: Pixabay)

1. Kolak

Makanan khas ramadan yang paling keren adalah kolak pisang. Makanan dengan bahan utama santan ini memang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia di bulan ramadan. Tak jarang, banyak masjid dan lembaga masyarakat yang membagikan takjil gratis dalam bentuk kolak. Isi kolak sebenarnya beragam, bisa dari ubi manis, pisang, maupun ketan tinggal disesuaikan saja dengan selera. Jadi, kamu tim kolak mana nih kolak pisang atau kolak ubi manis?

2. Kurma

Bulan ramadan selalu identik dengan buah kurma karena konon katanya menurut riwayat, Nabi Muhammad SAW berbuka puasa dengan segelas air putih dan 3 buah kurma. Ini merupakan hal yang baik karena 3 buah kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat memulihkan tubuh setelah berpuasa.  Nah, bagi kalian yang ingin meneladani kebiasaan bagus Nabi Muhammad, bisa dengan menyetok buah kurma selama bulan ramadan, ya!

3. Bongko Kopyor

Bila kamu pernah berkunjung ke daerah Gresik, kamu akan disuguhi makanan khas Ramadan yang populer di sana yaitu Bongko Kopyor. Makanan ini memang memiliki cita rasa manis yang kental karena terbuat dari tepung beras yang diencerkan seperti bubur dengan campuran pisang, kopyor atau daging kelapa muda, irisan roti tawar, dan mutiara.  

4. Rendang

Siapa yang tak kenal makanan Rendang? Masakan yang sangat populer dengan kelezatannya ini ternyata cocok untuk makanan di kala sahur. Karena rendang ini bisa disimpan dalam waktu yang relatif lama, sehingga banyak orang berbondong-bondong menyiapkan rendang untuk waktu sahur. Jadi kalau sahur, tinggal makan Rendang dengan nasi deh!

5. Berbagai Gorengan

Sebenarnya gorengan bukan makanan khas ramadan banget sih, karena makanan cemilan ini bisa ditemui setiap hari. Tapi percaya atau tidak, makanan gorengan ini menjadi luar biasa dicari untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka tiba. Jadi jangan heran bila pedagang gorengan kemudian berjamur di pinggir jalan ya. Tapi agar lebih sehat, makanan ini bisa kamu buat di rumah lho. Apalagi dengan bahan yang sederhana dan mudah dicari, gorengan pada dasarnya sangat mudah untuk dibuat di rumah.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Mi Glosor

Masyarakat jabodetabek biasanya sudah tidak asing dengan mi glosor ala Bogor. Makanan khas Bogor ini memang biasanya ada di Bulan Ramadan tepatnya sebelum berbuka puasa. Menurut bahasa Sunda, glosor artinya mudah ditelan dan ini cocok untuk menu sebelum berbuka puasa karena tidak membuat lambung dan sistem pencernaan lainnya kaget setelah berpuasa selama 12 jam.

7. Kue Kering

Kamu pasti mengernyit heran mengapa kue kering masuk di dalam makanan yang ada di Bulan Ramadan. Meski kue kering baru terasa hype.nya saat Hari Raya, tetapi kue kering sudah distok saat Bulan Ramadan tiba. Apalagi untuk kaum ibu-ibu, sudah mengincar kue kering yang paling enak dan murah ke seantero kota. Tapi jangan khawatir, beberapa resep rahasia kue kering dari nastar sampai kastengels sudah bertebaran di internet. Jadi kamu bisa coba-coba buat di rumah sambil mengisi waktu luang saat bulan puasa.

8. Ketan Bintul

Lain halnya dengan Bogor yang memiliki makanan khas Ramadan Mie Glosor. Bergeser ke daerah Banten, kamu bisa mencicipi makanan khas Ramadan yaitu Ketan Bintul. Ketan bitul ini merupakan ketan yang dicetak segi empat ataupun silinder dan ditaburi serundeng kelapa. Tak lupa, biasanya makanan ini ditaburi irisan daging dan sedikit sentuhan kuah semur. Kebayang bagaimana gurihnya makanan ini kan?

9. Sate Susu

Sate susu bukan berarti sate yang terbuat dari susu kental manis ya, melainkan sate yang berasal dari daging puting susu sapi. Biasanya puting susu direbus kemudian dibumbui dan dibakar hingga matang. Makanan khas ramadan satu ini keberadaannya cukup langka, sebab harga puting susu yang semakin mahal. Tapi bila kamu tertarik mencoba, kamu bisa berkunjung ke Kampung Jawa di Denpasar Utara, Pulau Dewata. Satu lagi, makanan ini hanya tersedia di Bulan Ramadan lho, ya!

10. Kicak

Siapa yang pernah dengar Kicak? Kicak adalah salah satu makanan dengan bahan utama singkong kukus. Untuk beberapa masyarakat suku Jawa, makanan kicak merupakan makanan yang tidak asing di telinga, sebab ini umum ditemukan di berbagai pasar takjil saat sore hari. 

Wah, rupanya cukup banyak ya berbagai makanan khas ramadan dari seluruh penjuru nusantara yang selalu ditunggu kehadirannya. Selain makanan di atas berbagai takjil es yang seru dan enak menjadi suatu hal yang ditunggu di bulan Ramadan ini.

Jadi, makanan khas ramadan mana yang paling kamu kangenin? Yuk, bikin makanan untuk menyambut bulan ramadan dan beli bahan-bahanya di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox