Ini 10 Makanan Khas Bali yang Populer di Mancanegara

Bali merupakan salah satu surga tersembunyi di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Selain memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Bali pun kaya akan pilihan kuliner yang terkenal dengan kelezatannya. Sebab, bumbu rempah yang digunakannya sangat khas sehingga membuat makanan-makanan khas Bali sulit terlupakan. Makanan khas Bali memang tidak kalah terkenal dengan objek wisatanya. Nah, mau tahu apa saja kuliner-kuliner khas Bali yang wajib kamu coba ketika berwisata ke Pulau Dewata yang satu ini? Langsung saja, inilah 10 makanan khas Bali yang populer hingga mancanegara.

Makanan khas Bali yang populer di mancanegara

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/dance-4271941_1920-595x397.jpg

Makanan Khas Bali yang Populer di Mancanegara. (Foto: Pixabay)

1. Sate lilit Bali

Kalau berkunjung ke Bali, kamu wajib mencoba sate yang satu ini. Berbeda dengan sate pada umumnya yang potongan dagingnya ditusuk, sate lilit khas Bali dibuat dari daging yang sudah dihaluskan, lalu dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakannya pun bukan hanya daging ayam dan sapi saja, tetapi bisa menggunakan daging babi ataupun ikan tenggiri.

Sate ini dibumbui dengan cara dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Daging cincang yang telah dibumbui tersebut kemudian dilekatkan pada sebuah batang daun serai, tangkai bambu, atau tebu, lalu dipanggang di atas arang.

Tidak seperti sate pada umumnya yang dibuat dengan menggunakan tusuk sate yang sempit dan tajam, tusuk sate lilit justru berbentuk datar dan lebar. Permukaan tusuknya yang luas tersebut memungkinkan daging cincang lebih mudah melekat.

2. Ayam betutu Bali

Makanan khas Bali selanjutnya yaitu ayam betutu. Kamu wajib mencoba kuliner Bali yang satu ini karena ayam betutu memiliki keistimewaan pada bumbunya, yakni menggunakan bumbu base genep.

Bumbu base genep sendiri adalah bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi, jahe, lengkuas, kunir, kencur, daun salam, daun jeruk, dan serai yang dihaluskan dan ditumis.

Selain dari bumbunya, keunikan lain ayam betutu Bali yaitu terletak pada cara penyajiannya, di mana daun singkong dimasukkan ke dalam perut ayam setelah dilumuri dengan bumbu genep di atasnya.

3. Babi guling Bali

Walau makanan khas Bali yang satu ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan inilah yang banyak dicari oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri. Maka tak heran, jika kuliner Bali yang satu ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib jika kamu berkunjung ke Pulau Dewata ini.

Babi guling Bali menjadi makanan yang khas karena dibuat dengan bahan dasar daging babi utuh yang bagian perutnya diisi berbagai macam bumbu dasar khas Bali, seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya yang menambah cita rasa.

Salah satu hal yang membuat babi guling khas Bali ini digemari oleh para wisatawan adalah rasa dagingnya yang empuk serta bagian kulit hasil panggangannya yang garing. Tertarik untuk mencicipinya?

4. Nasi tepeng Bali

Makanan khas Bali yang satu ini berasal dari daerah Gianyar. Nasi tepeng Bali adalah nasi putih yang dimasak agak lama sehingga teksturnya menjadi cukup lembek seperti bubur.

Nasi lembek ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada juga yang menambahkan telur dan suwiran daging ayam, serta siraman bumbu rempah-rempah ala Bali sehingga menambah kelezatan nasi tepeng khas Bali yang satu ini. Nasi tepeng banyak tersedia di berbagai daerah di Bali karena nasi ini sering menjadi menu sarapan pagi favorit warga Bali.

5. Sate plecing Bali

Satu lagi sate yang terkenal di Bali selain sate lilit, yaitu sate plecing Bali. Sate ini tidak hanya terbuat dari daging ayam dan sapi saja, tetapi ada pula dari daging babi dan ikan.

Keistimewaan sate plecing yaitu terletak pada bumbunya. Bumbu sate plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya pedas gurih dan sedikit asin. Selain itu, terasi juga membuat sate plecing memiliki cita rasa khas tersendiri yang membuatnya banyak diburu oleh wisatawan.

Dari ke lima makanan khas Bali tadi, mana yang menjadi favoritmu? Jika kamu ingin membuat makanan khas Bali ini sendiri di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Nasi campur Bali

Makanan khas Bali selanjutnya yang sudah populer sejak dulu yaitu nasi campur Bali. Keistimewaannya terletak pada pelengkapnya yang terdiri dari sayuran, daging, telur, dan sambal. Benar-benar lengkap seperti makan 4 sehat 5 sempurna dengan cita rasa yang luar biasa.

Selain itu, biasanya nasi campur Bali ini juga dilengkapi dengan sate lilit yang empuk dan bumbunya yang sangat terasa. Jika kamu berkunjung ke Bali, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas Bali yang satu ini, ya.

7. Rujak kuah pindang Bali

Jika kamu menyukai rujak, kamu wajib mencicipi makanan khas Bali yang satu ini. Sensasi pedas akan kamu rasakan setelah mencicipi irisan mangga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang super pedas dari rujak kuah pindang khas Bali ini.

Tidak hanya mangga, kamu juga bisa menggantinya dengan buah lainnya seperti nanas, pepaya, kedondong, atau rumput laut sekalipun. Makanan khas Bali ini memiliki cita rasa yang segar sehingga sangat cocok disantap saat siang hari.

8. Tum ayam Bali

Menu khas Bali yang satu mirip seperti pepes ikan. Hanya saja, tum ayam Bali bisa juga disajikan dengan menggunakan daging babi. Ya, selain menggunakan ayam, beberapa pedagang mulai menggantinya dengan daging babi.

Dimasak menggunakan santan, tum ayam Bali ini juga dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Cita rasanya pedas, gurih, serta wangi. Bagi kamu yang berkunjung ke Bali, kamu wajib mencoba kuliner yang satu ini.

9. Sate kakul Bali

Kuliner khas Bali selanjutnya yaitu sate kakul. Sate kakul Bali diolah dengan cara dibakar. Namun, sebelum dibakar, sate ini diberi bumbu plecing. Itulah yang membuat cita rasanya menjadi dangat khas dan super lezat.

Makanan khas Bali yang satu ini berasal Ubud. Namun, sebelum kamu menyantap makanan ini, kamu harus tahu bahwa bahan atau daging yang digunakan untuk membuat sate ini adalah kerang atau siput. Ya, bisa dikatakan, sate kakul adalah makanan unik dari Bali yang mungkin wajib kamu coba.

10. Nasi jinggo Bali

Makanan khas Bali selanjutnya yaitu nasi jinggo. Nasi ini cukup spesial karena harganya yang sangat murah. Kalau dilihat-lihat nasi jinggo ini mirip dengan nasi kucing di Yogyakarta, namun isiannya cukup lengkap seperti nasi campur.

Nasi jinggo juga kerap dihadirkan dalam perayaan upacara Ngaben, ulang tahun, atau prosesi pertunjukan ogoh-ogoh di Bali. Kalau kamu ingin berkunjung ke Bali, jangan lupa mencoba kuliner Bali yang satu ini, ya!

Itulah 10 makanan khas Bali yang populer hingga mancanegara. Tidak hanya menjadi surga wisata bagi para wisatawan, Bali juga menyimpan keistimewaan di balik berbagai macam makanan kulinernya yang legendaris.

Jika kamu ingin mencoba salah satu makanan khas Bali di atas, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Temukan bahan-bahan untuk memasak makanan khas Bali tersebut di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox