10 Makanan ASI Booster Terbaik untuk Kamu yang Sedang Menyusui

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak mereka. Termasuk saat mereka memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Sayangnya, banyak para ibu yang memiliki masalah pada ASI mereka yang tidak lancar, bahkan sulit keluar. Untuk itu, mungkin kamu memerlukan ASI booster. ASI booster adalah salah satu cara untuk memperbanyak ASI agar nutrisi bayi tetap terjaga. Nah, untuk kamu yang saat ini berada di masa menyusui dan mungkin bertanya-tanya kira-kira makanan apa saja yang bisa menjadi pelancar ASI yang sehat, berikut ini adalah 10 makanan ASI booster terbaik dan sehat untuk kamu yang sedang menyusui.

Ini makanan ASI booster terbaik

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/carrots-2106825_1920-595x397.jpg
Makanan ASI Booster Terbaik dan Sehat untuk Kamu yang Sedang Menyusui. (Foto: Pixabay)

1. Kacang arab

Jenis kacang yang satu ini dikenal baik untuk membantu memenuhi kebutuhan harian bagi para ibu yang sedang di masa menyusui. Peran kacang arab sebagai ASI booster tidak lain karena kandungan protein yang dimilikinya tergolong tinggi sehingga dapat mensuplai kebutuhan banyak estrogen. Tak hanya itu, kacang ini juga kaya akan galactagogue dan fitoestrogen yang baik untuk produksi ASI.

2. Oatmeal

Tidak hanya sebagai sumber makanan sehat, oatmeal juga bermanfaat sebagai salah satu makanan pelancar atau ASI booster. Makanan yang berasal dari berbagai jenis biji-bijian kaya nutrisi seperti fotokimia, beta-glukan, protein, serat, dan karbohidrat yang bisa membantu memperlancar produksi ASI.

3. Bayam

Beberapa jenis buah dan sayur juga dipercaya mampu berperan sebagai booster dalam meningkatkan produksi ASI untuk ibu yang sedang di masa menyusui. Salah satunya adalah bayam.
Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, dinilai mengandung fitoestrogen yang dikenal baik sebagai makanan pelancar ASI yang sehat. Kandungan fitoestrogen pada bayam serupa seperti yang dimiliki oleh kacang arab.

4. Biji wijen

Siapa sangka, di balik ukurannya yang kecil, biji wijen mengandung vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan natrium di dalamnya. Tak hanya itu, biji wijen juga mengandung banyak mineral dan kalsium. Kandungan ini sangat baik untuk produksi ASI ibu yang sedang menyusui. Asupan kalsium yang tercukupi akan mempengaruhi kadar kalsium di dalam ASI.

5. Daun katuk

Pamor daun katuk sebagai makanan untuk meningkatkan dan pelancar produksi ASI sudah tidak diragukan lagi. Sebelumnya, penelitian yang dimuat Indonesian Journal for Health Sciences menyatakan, jika peran daun katuk dalam memperlancar produksi ASI sudah dibuktikan secara medis berkat kandungan galactagogue yang ada di dalamnya.
Ingin membeli makanan ASI booster? Kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Bawang putih

Selain daun katuk, kandungan galactagogue juga bisa didapatkan dari bawah putih. Sama seperti sumber makanan lain yang memiliki kandungan tersebut, bawang putih juga mampu membantu meningkatkan produksi ASI lebih baik. Sayangnya, ASI yang dihasilkan memiliki aroma khas bawang putih.
Tidak hanya aroma, efek yang dihasilkan pun juga mempengaruhi rasa alami dari ASI itu sendiri sehingga sedikit terasa agak pedas. Oleh sebab itu, konsumsi bawang putih sebagai ASI booster sebaiknya dibatasi dan secukupnya saja.

7. Ikan salmon

Ikan salmon dikenal sebagai sumber asam lemak esensial yang baik, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9. Kandungan omega-3 ternyata bermanfaat untuk ibu yang sedang menjalani masa menyusui. Apalagi, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kadar hormon yang berperan selama produksi masa menyusui, seperti oksitosin dan prolaktin.

8. Brokoli

Selain bayam dan daun katuk, sayuran lain yang baik untuk ASI booster lainnya yaitu brokoli. Sayuran berwarna hijau ini mengandung fitoestrogen dan juga kaya akan asam folat. Fitoestrogen sendiri merupakan salah satu zat gizi yang berfungsi sebagai pelancar produksi ASI. Selain itu, kandungan asam folatnya juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

9. Pepaya hijau

Sedikit berbeda dengan pepaya berwarna oren yang biasa dikonsumsi, jenis pepaya ini adalah pepaya hijau atau yang juga dikenal dengan nama pepaya muda. Pepaya hijau diyakini memiliki kandungan galactagogue yang berfungsi baik sebagai makanan booster untuk pelancar ASI.

10. Kacang almond

Tak hanya kacang arab, jenis kacang lainnya seperti kacang almond juga memiliki manfaat yang sama. Kacang ini mengandung berbagai zat gizi, mulai dari serat, protein, hingga kandungan lemak yang tinggi.
Tapi tenang, lemak yang dikandungnya merupakan asam lemak tak jenuh rantai tunggal. Lemak jenis ini bisa menurunkan kadar lemak “LDL” atau yang juga dikenal sebagai lemak jahat.
Nah, itulah 10 makanan ASI booster terbaik dan sehat untuk kamu para ibu yang sedang berada di masa menyusui. Selain bisa membantu memperlancar produksi ASI, makanan di atas juga memiliki beragam manfaat lain yang pastinya baik untuk kesehatan ibu maupun bayi. Ingin membeli makanan ASI booster di atas? Kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg