Ini 10 Jenis Tepung Gluten Free untuk Dikonsumsi Oleh Kamu yang Alergi Gluten

Pernahkah kamu merasa gatal, ruam, ataupun gejala khas alergi lainnya saat mengonsumsi makanan tertentu? Bisa jadi kamu alergi terhadap makanan tersebut. Nah, apabila setiap kali kamu mengonsumsi roti, sereal gandum, atau pasta mengalami gejala yang sama, kemungkinan besar kamu termasuk penderita alergi gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang biasa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum. Salah satu pencegahannya adalah mengonsumsi makanan yang bebas gluten, termasuk mulai mengonsumsi tepung gluten free.
Rasa gatal dan ruam biasanya muncul sebagai bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang salah atau karena tubuh memiliki sensitivitas yang terlalu tinggi terhadap gluten, sehingga saat mengonsumsi makanan yang mengandung protein tersebut, maka autoimun tubuh akan mendeteksinya sebagai ‘ancaman’. Kemudian, tubuh akan memberikan respon berupa reaksi alergi.
Apabila kamu termasuk salah satu yang mengalaminya, sebaiknya kamu menghindari olahan makanan yang menggunakan tepung gluten. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih tepung berjenis gluten free. Nah, berikut ini adalah 10 jenis tepung gluten free untuk dikonsumsi oleh kamu yang alergi gluten.

Ini jenis tepung gluten free untuk dikonsumsi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/food-3097920_1920-595x397.jpg
Tepung Gluten Free untuk Dikonsumsi Oleh Kamu yang Alergi Gluten. (Foto: Pixabay)

1. Tepung beras

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/flour-1528338_640-595x285.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Alternatif pertama, kamu bisa memilih tepung beras sebagai penggantinya. Sesuai namanya, tepung ini terbuat dari beras yang digiling dan dihaluskan. Sekilas, tepung ini memiliki tekstur yang lembut dan halus dibandingkan dengan tepung ketan. Untuk warnanya pun tepung ini terlihat lebih putih dan bersih. Beberapa makanan yang biasa diolah menggunakan tepung ini antara lain, putu ayu, kue lapis, dan kue apem.

2. Tepung gaplek

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/bake-1706051_640-595x316.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Jenis tepung gaplek merupakan jenis tepung yang dibuat dari olahan ubi singkong. Tepung ini diolah dengan cara dikupas, diiris tipis, dijemur, kemudian ditumbuk. Setelah itu, tepung akan diayak agar tekstur lebih halus. Tepung ini biasa dikenal dengan nama cassava chip flour. Salah satu olahan makanan yang biasa dibuat dari tepung ini adalah nasi tiwul.

3. Tepung mocaf

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/flour-791839_640-595x396.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Mocaf sebenarnya adalah singkatan dari modified cassava flour yang berarti tepung ini merupakan olahan ubi kayu atau singkong yang dimodifikasi menggunakan teknik fermentasi menggunakan mikroba. Walaupun sama-sama menggunakan bahan utama ubi singkong, namun warna tepung ini lebih putih dibandingkan tepung gaplek. Tepung mocaf pun dapat dijadikan pengganti tepung terigu. Beberapa makanan yang biasanya dibuat menggunakan tepung terigu, bisa juga kamu buat menggunakan tepung yang satu ini.

4. Tepung hunkwe

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/bake-3798872_640-595x396.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Nama tepung hunkwe mungkin masih cukup asing untuk sebagian orang. Tepung ini berasal dari sari pati kacang hijau yang diproses dengan cara diendapkan dan dikeringkan menggunakan proses khusus. Teksturnya sendiri berwarna putih, aroma harum yang khas, dan lebih kasar dibandingkan dengan tepung terigu. Saat diolah menjadi adonan, maka tekstur yang dihasilkan terbilang lentur dan kenyal. Beberapa olahan makanan yang biasa dibuat dari tepung ini adalah kue lapis, kue cente manis dan es cendol dawet.

5. Tepung ketan putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/food-3097920_640-595x396.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Sesuai dengan namanya, tepung ini berbahan dasar beras ketan putih yang digiling hingga halus. Seperti kebanyakan makanan olahan ketan lainnya, teksturnya pun cenderung lebih kenyal dibanding tepung beras. Beberapa olahan makanan yang dibuat dari tepung ini antara lain, klepon, lemper, dan lupis ketan.
Jadi, jenis tepung gluten free mana saja yang sudah kamu coba? Jika kamu mau mencoba salah satunya, kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Sayurbox menjual segala kebutuhan makanan sehat yang kamu perlukan. Yuk, cek produknya sekarang!

6. Tepung ketan hitam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/single-hand-flour-sifter-80922_640-595x446.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Masih menggunakan tepung ketan, namun jenis ketan yang digunakan adalah beras ketan hitam. Untuk proses pembuatannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tepung ketan putih. Beberapa olahan makanan yang bisa kamu buat dengan tepung ini antara lain, bolu ketan hitam dan gemblong ketan hitam.

7. Tepung sagu putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/flour-1582021_640-595x446.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tepung sagu, bukan? Sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia Timur. Berbeda dengan tepung tapioka yang terbuat dari singkong, tepung sagu justru terbuat dari pohon sagu yang dikeruk bagian tengahnya, kemudian dihaluskan, dicampur air, dan diendapkan.
Hasil endapan tersebut akan dikeringkan untuk dihaluskan kembali menjadi tepung. Secara tekstur, mungkin tepung sagu mirip dengan tepung tapioka. Namun, tekstur tepung sagu sedikit lebih kering. Beberapa makanan yang biasa diolah menggunakan tepung ini antara lain, kue rangi dan ongol-ongol sagu. Namun, kebanyakan adalah olahan makanan tradisional khas masyarakat Timur.

8. Tepung sagu ambon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/flour-2713990_640-595x446.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Tepung yang satu ini juga berasal dari pohon sagu, namun dari jenis pohon yang berbeda. Jenis pohon sagu ini biasanya tumbuh di Indonesia Timur. Umumnya, tepung ini dibuat menjadi bubur, ketimus, dan pepes sagu ambon oleh masyarakat sekitar.

9. Tepung kentang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/flour-5204569_640-595x397.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Jika melihat dari teksturnya, tepung kentang memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu tepung kentang halus dan kasar. Untuk tepung kentang halus, kamu bisa menggunakannya secara langsung. Lain halnya dengan tepung kentang kasar yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit air. Tepung kentang sendiri biasanya diolah menjadi olahan makanan seperti donat, pancake, dan perkedel.

10. Tepung talas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/semolina-826165_640-595x395.jpg
Sumber Foto : Pixabay
Sesuai dengan namanya, tepung ini dibuat dari umbi talas yang dihaluskan, kemudian dilarutkan dan diendapkan. Barulah hasil endapan tersebut dikeringkan sehingga menjadi tepung. Mirip dengan tekstur tepung pada umumnya, tepung talas juga memiliki bentuk yang halus. Hanya saja, tepung ini memiliki warna putih sedikit kecoklatan. Beberapa jenis makanan yang dibuat dengan tepung ini antara lain, bolu lapis talas, donat, dan es krim talas.
Nah, itulah 10 jenis tepung gluten free untuk dikonsumsi oleh kamu yang alergi gluten. Jenis tepung mana saja yang sudah kamu coba? Jika kamu mau mencoba salah satunya, kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Sayurbox menjual segala kebutuhan makanan sehat yang kamu perlukan. Yuk, cek produknya sekarang!