10 Jenis Strawberry Budidaya Indonesia, Bisa Ditanam di Dataran Tinggi & Rendah

Siapa nih yang suka banget dengan buah stroberi? Buah dengan cita rasa manis dan asam ini awalnya berasal dari benua Amerika, namun sekarang sudah ditanam di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentu saja tak semua varietas buah stroberi bisa ditanam di tanah air. Cari tahu apa saja jenis strawberry yang bisa dibudidayakan di tanah air di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/jenis-strawberry-595x335.jpg

1. Sweet Charlie

Sweet Charlie merupakan jenis buah stroberi yang berasal dari Amerika Serikat. Stroberi jenis sweet Charlie ini banyak ditanam di daerah Bedugul, Bali. Adapun karakteristik dari stroberi sweet charlie ini adalah warna buahnya yang berwarna jingga hingga merah tua, rasanya yang manis, serta aroma stroberinya yang kuat.

Stroberi sweet charlie ini dikenal sebagai buah stroberi yang tahan terhadap anthracnose fruit rot atau pembusukan pada buah yang disebabkan oleh Colletotrichum acutatum. Pun begitu, masa simpan buah stroberi jenis ini lebih pendek dibandingkan dengan jenis buah stroberi lainnya. Perawatannya cukup dilakukan dengan menyiramnya 1 kali sehari dan memupuknya 1 kali sebulan.

2. Oso Grande

Oso grande merupakan buah stroberi yang berasal dari California dan banyak dibudidayakan di daerah Purbalingga. Buah stroberi jenis oso grande ini memiliki karakteristik berupa ukuran buahnya yang besar, tekstur daging buah yang padat, bagian tengahnya yang memiliki tekstur seperti busa, serta hasil panennya yang relatif tinggi.

3. Tristar

Tristar merupakan stroberi yang berasal dari Amerika Serikat bagian barat. Ciwidey merupakan salah satu tempat buah stroberi jenis tristar ini dibudidayakan. Buah stroberi tristar ini memiliki karakteristik berupa ukuran buah yang kecil hingga medium, serta tahan terhadap serangan penyakit red stele dan embun tepung. Stroberi tristar cocok dijadikan sebagai bahan olahan makanan.

4. Nyoho

Stroberi nyoho merupakan jenis strawberry yang berasal dari Jepang bagian selatan dan Korea. Jenis stroberi yang dikenal dengan istilah Queen of Strawberry ini, merupakan buah stroberi yang paling banyak diproduksi di prefektur Kagawa, Jepang. Stroberi nyoho ini memiliki warna merah cerah, tekstur daging buah yang tebal, serta memiliki perpaduan rasa manis dan sedikit pahit.

5. Hokowaze

Jenis buah stroberi lainnya yang juga bisa ditanam di Indonesia adalah hokowaze. Hokowaze merupakan jenis buah stroberi yang berasal dari Jepang bagian utara, yang diketahui memiliki hasil panen yang tinggi. Karakteristik dari stroberi hokowaze ini adalah aroma stroberinya yang cukup tajam, tekstur daging buahnya yang lunak, serta tahan terhadap serangan penyakit embun tepung.

6. Rosa Linda

Rosa linda adalah jenis buah stroberi yang berasal dari Florida. Buah stroberi jenis rosa linda ini memiliki karakteristik berupa bentuk menyerupai kerucut, berukuran kecil, dan warna merah yang terang, yang menandakan kalau kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah stroberi jenis rosa linda ini memiliki kelebihan berupa tahan terhadap serangan jamur.

7. Chandler

Chandler merupakan jenis stroberi yang berasal dari California, di mana stroberi ini banyak dibudidayakan di Bondowoso. Stroberi jenis chandler memiliki karakteristik berupa buah yang berukuran besar dan kandungan air yang tinggi dalam daging buahnya. Stroberi jenis chandler ini memiliki hasil panen yang tinggi, namun sifatnya sensitif terhadap serangan patogen.

8. Holibert

Stroberi holibert merupakan stroberi yang banyak dikembangkan di Garut dan Ciwidey. Buah stroberi jenis ini dikenal dengan rasanya yang manis dan tekstur daging buah yang kenyal dan tebal. Dari luarnya, Sayurfriends bisa mengenai stroberi holibert ini dari warnanya yang merah cerah dan bagian ujung yang runcing. Lama waktu penyimpanan stroberi ini adalah 4 hingga 5 hari.

9. Mencir

Buah stroberi mencir merupakan jenis stroberi yang banyak dibudidayakan di daerah Ciwidey dan Batu. Salah satu keistimewaan dari jenis buah stroberi satu ini adalah bibitnya yang bisa ditanam di dataran rendah. Buah stroberi satu ini memiliki daging buah dengan tekstur yang cenderung padat dan rasa yang manis. Stroberi mencir ini pun bisa berbuah sepanjang tahun.

10. California

California merupakan jenis buah stroberi yang juga dapat tumbuh di dataran rendah. Dibandingkan dengan buah stroberi lainnya, buah stroberi jenis California ini memiliki rasa yang cenderung lebih masam. Perawatan stroberi jenis California ini juga cukup mudah, yakni dengan menyiramnya selama 2 kali sehari dan dipupuk sebanyak 1 hingga 2 kali sebulan.

Beli Buah Stroberi dengan Harga Murah Meriah di Sayurbox

Segarnya cita rasa stroberi yang berupa perpaduan rasa manis dan asam, membuat buah berwarna merah ini cocok untuk Sayurfriends stok di rumah. Bagi Sayurfriends yang ingin membeli buah stroberi berkualitas dengan harga yang ramah di kantong, Sayurfriends bisa memesannya langsung di Sayurbox.

Pada bulan kemerdekaan ini, Sayurbox menghadirkan promo khusus yang disebut promo NEMU alias Nebus Murah. Dalam rangka promo ini yang hadir mulai dari tanggal 21 hingga 31 Agustus nanti, Sayurfriends bisa membeli stroberi dengan harga Rp1.000 saja, dari yang harganya 20 ribuan. Kapan lagi kan Sayurfriends bisa beli stroberi enak dan berkualitas dengan harga hemat?

Itulah tadi beberapa jenis strawberry berkualitas yang banyak dibudidayakan di tanah air. Meskipun ukurannya terbilang kecil dibandingkan dengan banyak jenis stroberi lainnya di dunia, namun cita rasanya tetap bisa bikin ketagihan. Banyaknya manfaat buah stroberi ini bagi kesehatan membuatnya juga sangat direkomendasikan untuk Sayurfriends stok di rumah.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox