10 Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami

Rasa gatal pasti membuat kamu merasa tidak nyaman. Kelegaan yang datang setelah menggaruk gatal sesekali tak terkalahkan. Secara ilmiah, gatal adalah sensasi yang timbul dari iritasi kulit atau sel saraf. Secara medis dikenal sebagai pruritus. Meski pun sangat normal untuk merasakan gatal sesekali, ketika itu berlangsung lebih lama dari biasanya, kamu perlu memperhatikan rasa gatal yang kamu alami. Rasa gatal bisa timbul karena beberapa faktor, seperti digigit nyamuk, badan yang kotor, dan infeksi jamur.
Yuk,
cari tahu 10 cara menghilangkan gatal di badan secara alami berikut ini.

Penyebab umum kulit gatal

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/hand-1620466_1920-595x396.jpg
Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami. (Foto: Pixabay)
·
Kulit kering atau xerosis.
·
Iritasi kulit atau ruam.
·
Penyakit internal seperti penyakit hati atau gagal ginjal.
·
Gangguan sistem saraf seperti multiple sclerosis, diabetes, atau syaraf terjepit.
·
Reaksi alergi terhadap wol dan bahan kimia dalam kosmetik atau bahkan sabun.
·
Reaksi terhadap obat antibiotik, antijamur, atau narkotika.
·
Kehamilan.
·
Usia yang lebih tua.
·
Faktor lingkungan, seperti AC, cuci atau mandi terlalu sering.

Ini cara menghilangkan gatal di badan secara alami

1. Soda Kue

Bahan ini adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan rasa gatal secara alami. Soda kue menunjukkan sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada kulit. Sifat alkali dari soda kue juga bertindak sebagai penetral asam alami, yang dapat membantu menenangkan kulit kamu.
Kamu memerlukan 1 cangkir baking soda dan air untuk mandi. Tambahkan secangkir baking soda ke dalam air mandi dan biarkan larut. Berendamlah dalam air selama 15 hingga 20 menit lalu keringkan kulit. Kamu bisa melakukannya sekali sehari.

2. Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung enzim tertentu yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kamu. Sifat anti-inflamasinya mengurangi gejala gatal, sementara sifat antimikroba mencegah infeksi kulit.
Kamu memerlukan 2 cangkir cuka apel dan air untuk mandi. Tambahkan dua cangkir cuka sari apel ke dalam air mandi dan berendam di dalamnya selama 15 hingga 20 menit. Keringkan kulit kamu dengan handuk. Cara untuk menghilangkan rasa gatal yang terlokalisir, kamu bisa mengencerkan satu sendok makan cuka apel dengan setengah cangkir air dan mengoleskannya ke area yang gatal menggunakan kapas. Lakukan ini sekali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Oatmeal

Kamu dapat menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan bahan alami, yaitu oatmeal. Oatmeal memiliki efek menenangkan yang dapat membantu menghilangkan kulit gatal. Efek ini karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Siapkan 2 cangkir oatmeal dan air mandi. Berendam dalam bak mandise lama 15 hingga 20 menit. Gosok beberapa oatmeal dengan lembut di bagian yang gatal.

4. Minyak Kelapa

Bahan alamo ini memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menghilangkan gatal di badan secara alami. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang memiliki sifat anti-histamin dan anti-inflamasi, yang membantu meredakan rasa gatal. Minyak kelapa juga sangat melembabkan dan dapat membantu melawan salah satu penyebab utama kulit kering pruritus.
Setelah berendam dalam air hangat, tepuk-tepuk hingga kering dan oleskan minyak kelapa ke bagian yang gatal. Jika kamu merasa gatal di mana-mana, ada baiknya memijat seluruh tubuh kamu dengan menggunakan minyak kelapa.

5. Minyak Biji Wijen

Yup,
minyak ini adalah sa;ah satu cara untuk menghilangkan gatal di badan. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang kaya dalam minyak wijen kaya, sehingga bagus untuk kulit kamu. Minyak ini juga dikenal karena sifatnya yang mengurangi peradangan yang dapat membuktikan cukup bermanfaat dalam menenangkan kemerahan dan gatal pada kulit. Ambil beberapa tetes minyak wijen dan oleskan ke daerah yang gatal setelah mandi. Kamu juga bisa memijat minyak ini ke seluruh tubuh. Lakukan ini setiap hari atau sesuai kebutuhan kamu.
Ingin mencoba cara menghilangkan gatal di badan secara alami ini? Kamu bisa beli bahan-bahan alami segar untuk berbagai keperluanmu di Sayurbox.

6. Daun Mint

Tanaman herbal berukuran kecil berwarna hijau ini, akan membantu kamu keluar dari permasalahan rasa gatal! Salah satu komponen utama yang ada dalam daun mint adalah mentol. Mentol memiliki sifat anti-inflamasi dan anestesi, yang bekerja sangat baik dalam menghilangkan kulit yang gatal dan meradang. 
Kamu hanya memerlukan segenggam daun mint, 500 ml air, dan kapas. Masukkan segenggam daun mint ke dalam air dan didihkan dalam panci. Setelah larutan mendingin, saring dan rendam kapas di dalamnya. Terapkan ke semua area yang terkena rasa gatal. Kamu dapat melakukan ini satu hingga dua kali sehari untuk menghilangkan gatal.

7. Lemon

Buah ini kaya akan asam sitrat dan asam asetat, yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-iritasi, dan astringen yang membantu merawat kulit yang gatal dan meradang. Kamu hanya membutuhkan 1 buah lemon dan
cotton buds.
Peras jus dari buah lemon. Celupkan
cotton buds
ke dalam sari buah lemon dan oleskan ke daerah gatal. Biarkan mongering lalu cuci dengan air. Jika kamu memiliki kulit sensitif, encerkan perasan lemon dengan air sebelum mengoleskannya. Ulangi cara ini dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

8. Madu

Bahan alami ini adalah satu cara alami lainnya, untuk menghilangkan rasa gatal di badan. Madu menunjukkan sifat humektan alami yang mencegah kulit kering. Ini, pada gilirannya, membantu mengurangi rasa gatal. Selain itu, madu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang membantu mengurangi gejala gatal dan mencegah infeksi kulit.
Ambil madu dan panaskan sedikit. Oleskan madu hangat langsung ke daerah yang gatal. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu cuci dengan air. Kamu harus melakukan ini satu hingga dua kali sehari.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya banyak digunakan untuk penyembuhan alami dan sifat menenangkan. Ini karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikrob. Lidah buaya juga merupakan sumber vitamin E yang bagus dan karenanya dapat membantu mencegah kulit mengering dan gatal. Kamu hanya membutuhkan dua sendok makan gel lidah buaya. Ambil gel lidah buaya dan oleskan langsung ke semua area yang gatal. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, setelah itu kamu bisa mencucinya dengan air. Lakukan cara ini sehari sekali.

10. Minyak Zaitun

Bahan alami ini juga menyediakan banyak manfaat bagi tubuh kamu dan kali ini untuk menghilangkan gatal. Minyak zaitun adalah sumber antioksidan, berkat polifenol yang dikandungnya. Polifenol ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa gatal. Minyak ini juga merupakan salah satu minyak terhidrasi terbaik dan karenanya dapat mencegah kulit dari kekeringan dan gatal.
Ambil sedikit minyak zaitun di tangan kamu dan oleskan ke seluruh area yang gatal setelah mandi. Kamu harus melakukan ini sekali sehari untuk mengunci kelembaban di kulitmu.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara menghilangkan gatal di badan secara alami ini? Kamu bisa beli bahan-bahan alami segar untuk berbagai keperluanmu di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox