10 Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kasar dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut mengembang dan kasar. Salah satunya adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat. Namun, selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut. Misalnya saja seperti minyak kelapa dan minyak zaitun yang berguna untuk membuat rambut menjadi lebih lembap, halus, dan mudah diatur. Dengan menerapkan perawatan yang tepat, rambut kamu pun dapat menjadi lebih sehat dan mudah diatur. Nah, untuk mengatasi rambut mengembang dan kasar, kamu bisa mencoba bahan-bahan alami berikut ini. Inilah 10 cara mengatasi rambut mengembang dan kasar dengan bahan alami.

Ini cara mengatasi rambut mengembang dan kasar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/beautiful-3116587_1920-595x396.jpg

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kasar dengan Bahan Alami. (Foto: Pixabay)

1. Menggunakan minyak kelapa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut mengembang dan kasar. Minyak kelapa memiliki kandungan zat emolien alami yang bisa mengisi celah di helai rambut jika sudah rusak karena panas atau paparan sinar matahari.

Cara menggunakannya yaitu, cukup dengan oleskan minyak kelapa di rambut yang kasar dan kering. Kemudian, diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan minyak zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kasar dan kering. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi kembali rambut yang rusak dan melembapkan kutikula (lapisan terluar rambut).

Cara menggunakannya yaitu, tuang minyak zaitun ke dalam cangkir atau mangkuk. Lalu, hangatkan minyak zaitun di dalam microwave selama beberapa detik. Kemudian, oleskan ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut sembari dipijat.

Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dan keringkan rambut. Lakukan secara rutin sekali dalam seminggu agar rambut kamu mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Menggunakan telur

Selanjutnya, telur juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak karena selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga kaya akan kandungan lesitin yang dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak sehingga rambut kembali lembap dan berkilau.

Cara menggunakannya yaitu, campurkan tiga butir telur, dua sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala yang sebelumnya sudah sedikit dibasahi.

Tutup kepala dengan shower cap selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas rambut dengan sampo dan air dingin hingga bersih. Lakukan secara rutin sekali dalam seminggu agar rambut tampak semakin lembut dan halus.

4. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya bukan bahan alami yang asing digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Gel pada tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi rambut mengembang dan kasar karena gel ini dapat melembapkan dan mempertebal rambut secara alami.

Selain itu, kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang kering dan rusak.

Cara menggunakannya yaitu, campurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan dua sendok teh minyak kelapa. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut, lalu tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama semalaman.

Esok paginya, cuci rambut dengan menggunakan sampo dan air hingga bersih. Lakukan secara rutin sekali dalam seminggu agar hasilnya dapat terlihat dalam satu hingga dua bulan.

5. Menggunakan madu

Madu juga menjadi salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk rambut. Salah satunya adalah mengatasi permasalahan rambut yang kasar dan terlalu mengembang.

Cara menggunakannya yaitu, jadikan madu sebagai masker rambut. Oleskan madu ke seluruh bagian rambut yang sebelumnya sudah dibersihkan, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.

Ingin mencoba cara mengatasi rambut mengembang dan kasar dengan bahan alami? Jika kamu mencari bahan-bahan alami yang bisa digunakan, kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Menggunakan minyak wijen

Minyak wijen juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut yang kasar dan terlalu mengembang. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan minyak wijen dan tiga sendok makan jahe parut, lalu aduk hingga rata.

Kemudian, oleskan campuran bahan tersebut ke seluruh bagian rambut yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.

7. Menggunakan alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, vitamin E, protein, serta mineral yang dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dengan cara melembapkan dan menguatkan batang rambut.

Cara menggunakannya yaitu, kupas dan lumatkan satu buah alpukat dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Campur dan aduk kedua bahan tersebut hingga rata, lalu oleskan pada rambut yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas rambut hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sekali dalam seminggu untuk mengatasi rambut kasar dan kering.

8. Menggunakan susu murni

Susu murni juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan rambut mengembang. Cara menggunakannya yaitu, cukup gunakan susu murni sebagai pengganti kondisioner dengan mengoleskannya ke seluruh bagian rambut. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 60 menit, lalu bilas rambut dengan air hingga bersih.

9. Menggunakan mayones

Selain enak untuk dimakan, mayones juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut mengembang, lho. Cara menggunakannya yaitu, cukup gunakan mayones sebagai masker rambut, lalu diamkan selama kurang lebih 60 menit. Kemudian, bilas rambut dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

10. Menggunakan santan kelapa

Bukan rahasia lagi jika santan kelapa dapat digunakan sebagai pelembap rambut dan memiliki banyak nutrisi yang baik untuk rambut.

Cara menggunakannya yaitu, campurkan satu cangkir santan kelapa dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga merata. Cuci rambut seperti biasa, kemudian oleskan campuran kedua bahan tersebut pada rambut hingga benar-benar rata.

Lalu, diamkan selama setengah jam sambil ditutup dengan shower cap. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih menggunakan air hangat agar santan lebih mudah larut.

Nah, itulah 10 cara mengatasi rambut mengembang dan kasar dengan bahan alami. Cobalah untuk melakukan beberapa cara sederhana untuk mengatasi permasalahan rambut kering, kasar, dan mengembang seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika kamu mencari bahan-bahan alami yang bisa digunakan, kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox