10 Cara Membersihkan Panci Gosong Paling Ampuh, Wajib Coba!

Pernah gak masak terus gosong? Nah, ini nih masalah ibu-ibu yang paling sering terjadi. Biasanya kejadian seperti ini terjadi karena masak sambil melakukan aktivitas lain. Kalau sudah begini maka yang dikorbankan adalah panci. Jangan panik dulu, ada kok cara membersihkan panci gosong yang mudah dilakukan dan hasilnya benar-benar ampuh. Yuk langsung saja simak apa saja pilihan caranya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/cara-membersihkan-panci-gosong-595x335.jpg

1. Pakai Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Biasanya piring dan alat masak dicuci dengan air biasa dicampur cairan pencuci. Namun untuk panci dalam kondisi gosong gak bisa dicuci hanya dengan air biasa. Sangat disarankan untuk mencuci panci gosong memakai air panas. Pencucian dengan air panas dinilai jauh lebih efektif dan bisa membantu proses pengelupasan kerak yang gosong lebih cepat.

Caranya mudah, pertama-tama Sayurfriends bisa menuangkan sedikit demi sedikit cairan sabun cuci piring ke bagian panci yang gosong. Setelah itu langsung saja rendam panci tadi dengan menggunakan air panas semalaman penuh. Keesokan harinya tinggal dibilas dan digosok di bagian yang gosong tadi.

2. Gunakan Cuka sebagai Pengganti Air

Jika merasa ribet menggunakan air panas maka ganti saja dengan cuka. Bahan yang satu ini juga bisa dipakai untuk membersihkan kerak gosong pada panci. Caranya pun mudah, tinggal tuangkan saja cuka secukupnya ke bagian panci yang gosong kemudian diamkan selama beberapa menit.

Selanjutnya gosok bagian panci yang gosong secara perlahan. Lebih baik gosok dengan menggunakan sendok kayu atau spatula kayu. Pelan-pelan saja supaya gak merusak permukaan panci. Cara ini cukup efektif dan bahannya juga mudah sekali diperoleh serta harganya pun terbilang murah.

3. Gunakan Dryer Sheet

Pilihan cara membersihkan panci gosong berikutnya adalah dengan mengaplikasikan dryer sheet. Dryer sheet ini berupa kertas yang sangat tipis dan sangat efektif untuk dipakai menghilangkan noda. Selain itu dryer sheet juga biasa dipakai untuk mengharumkan pakaian.

Cara memakai dryer sheet ini sangat mudah. Langsung saja letakkan dryer sheet di permukaan panci yang gosong. Setelah itu tuangkan air hangat di atas dryer sheet kemudian diamkan selama beberapa jam. Sayurfriends bisa langsung membilas panci karena kerak gosong sudah menempel di dryer sheet. Bilasnya dengan sabun cuci piring biasa, ya!

4. Pakailah Baking Soda

Coba gunakan juga baking soda untuk membantu merontokkan bekas gosong pada panci. Baking soda memang jadi salah satu bahan yang sering diandalkan untuk membersihkan berbagai jenis noda. Bahan ini sangat mudah untuk dijumpai dan harganya juga ramah di kantong.

Mudah sekali membersihkan panci gosong dengan baking soda. Langsung saja tuangkan baking soda ke panci. Setelah itu tuangkan air hangat dan rendam beberapa menit. Jika sudah selesai direndam, gosok panci menggunakan sendok atau spatula kayu secara perlahan. Saat kerak gosong mulai hilang, Sayurfriends bisa langsung membilas panci dengan cairan pencuci piring.

5. Bersihkan dengan Irisan Buah Lemon

Sayurfriends pasti kenal buah lemon kan? Ternyata lemon tidak hanya bagus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh tapi juga bisa membantu membersihkan kerak gosong pada panci. Irisan buah lemon ternyata memiliki kandungan yang bisa meluruhkan bekas gosong secara efektif.

Cara membersihkan panci gosong dengan irisan buah lemon sangatlah mudah. Langsung saja iris tipis buah lemon kemudian tata di atas panci. Setelah itu isi panci dengan air lalu panaskan di atas api sampai air mendidih. Jika sudah mendidih, buang air lalu bersihkan dengan air mengalir. Jangan lupa, gosok juga permukaan panci yang gosong pakai spons cuci piring secara perlahan.

6. Coba Pakai Soda Tawar

Ada juga cara lain yang bisa dicoba untuk membersihkan panci gosong yaitu dengan menggunakan soda tawar. Soda tawar punya kandungan yang bisa mengangkat aneka jenis kotoran termasuk kerak gosong yang menempel pada panci. Bahan ini juga terbilang aman dan sangat mudah untuk ditemukan.

Caranya sangat mudah, Sayurfriends bisa langsung menuangkan soda tawar ke panci lalu rendam selama beberapa menit. Jika sudah selesai direndam, langsung saja bilas panci dengan menggunakan air sambil digosok secara perlahan hingga semua kerak hilang. Soda tawar akan membuat kerak jadi lebih lunak dan lebih mudah dibersihkan.

7. Gosok Panci dengan Garam Kosher

Pilihan cara membersihkan panci gosong lainnya adalah dengan menggosok panci pakai garam kosher. Garam kosher ini cukup sering digunakan untuk membersihkan berbagai kotoran. Panci gosong dengan kerak yang keras sekalipun jadi lebih lunak dan mudah untuk dibersihkan pakai bahan satu ini.

Mudah saja, Sayurfriends bisa langsung mencampurkan sabun cuci piring dengan garam. Aduk merata kemudian tuangkan ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya sampai bagian yang kosong terendam sempurna. Jika sudah didiamkan beberapa jam, bilas panci kemudian cuci sambil digosok memakai spatula atau sendok kayu. Ingat ya, jangan menggosok terlalu keras cukup pelan-pelan saja.

8. Cuci Panci dengan Krim Tartar

Masih ada cara lain untuk membersihkan panci gosong yaitu dengan mencucinya pakai krim tartar. Jika di rumah ada krim tartar maka Sayurfriends bisa memanfaatkannya untuk membersihkan panci gosong. Krim ini jelas aman digunakan untuk mencuci peralatan masak dan efektif mengangkat kerak gosong yang keras sekalipun.

Jika ingin mencoba cara ini, Sayurfriends bisa langsung menuangkan krim tartar ke dalam panci. Setelah itu masukkan air ke dalam panci dan panaskan di atas api. Jika sudah mendidih maka buang air lalu bilas sambil digosok secara perlahan. Gosoknya tidak perlu keras supaya tidak merusak permukaan panci.

9. Gosok Panci dengan Saus Tomat

Tidak hanya krim tartar yang bisa dipakai untuk membersihkan panci gosong. Ternyata saus tomat juga bisa membantu mengangkat kerak gosong membandel pada panci. Krim tartar mungkin tidak terlalu familiar dan ada banyak orang yang tidak memilikinya. Tapi kalau saus tomat pasti lebih familiar dan lebih mudah untuk didapatkan.

Langsung saja oleskan saus tomat ke bagian panci yang gosong. Setelah itu diamkan saja kurang lebih setengah jam. Jika sudah direndam dengan saus, Sayurfriends bisa langsung membilasnya pakai air mengalir. Jangan lupa, gosok juga bagian yang gosok secara perlahan pakai spatula kayu supaya lebih mudah bersih.

10. Beli Cairan Pembersih Panci

Jika cara-cara yang tadi sudah disebutkan terasa kurang praktis, langsung saja beli cairan pembersih gosong panci. Ada banyak produk semacam ini yang dijual di marketplace. Langsung saja beli dan gunakan untuk mengangkat noda gosong pada panci.

Cairan pembersih seperti ini biasanya mudah sekali diaplikasikan. Ikuti saja petunjuk pemakaiannya supaya hasilnya optimal. Jangan lupa, pilih produk pembersih yang aman dan food grade karena akan dipakai untuk mencuci alat masak.

Ternyata ada banyak pilihan cara membersihkan panci gosong yang bisa dicoba. Jika bisa mencobanya langsung maka akan lebih mudah untuk menemukan cara yang paling efektif. Jadi jangan panik lagi ya kalau panci gosong dan jangan buru-buru dibuang karena bisa dibersihkan untuk dipakai lagi.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox