Susah Buang Air Besar? Ini 10 Buah untuk Sembelit yang Ampuh

Kamu pasti pernah merasakan sakit sembelit, sakit ini umum dirasakan oleh masyarakat. Walaupun sembelit termasuk penyakit umum, tetapi sembelit juga tidak boleh diabaikan. Sembelit adalah kondisi di mana kamu buang air besar kurang dari tiga hari sekali. Semeblit biasanya disebabkan oleh beberapa hal, di anataranya kekurangan cairan, diet kurang serat, dehidrasi, pola makan yang buruk, obat-obatan, penyakit, dan kurangnya aktivitas fisik. Gejala sembelit seperti sakit perut dan bab keras, pasti sangat membuat kamu kesakitan. Yuk, simak susah buang air besar? Ini 10 buah untuk sembelit yang ampuh.

Ini buah untuk sembelit yang ampuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/fruit-2109043_1920-1-595x446.jpg
Buah untuk Sembelit yang Ampuh agar Tidak Susah Buang Air Besar. (Foto: Pixabay)

1. Pepaya

Bukan sebuah rahasia lagi, bahwa papaya sangat bagus untuk memperlancar BAB. Pepaya adalah sumber papain yang kaya, yang merupakan enzim alami yang mencerna protein. Lebih jauh, pepaya adalah sumber serat larut yang baik, yang membantu menumpuk kotoran di usus besar, ini memungkinkannya bergerak lebih mudah. Beberapa orang juga mendapat manfaat dengan minum jus pepaya. Ini mengandung lebih banyak air, yang membantu meringankan sembelit, dan itu adalah bentuk papain yang lebih terkonsentrasi. Kandungan serat makanan pepaya mampu menjaga toksin penyebab kanker di usus besar menjauh dari sel-sel usus besar yang sehat. Mereka yang mengalami sembelit atau berisiko kanker usus besar harus mempertimbangkan untuk mengambil lebih banyak papaya.

2. Apel

Buah Apel kaya akan serat, yang tentunya membantu kamu memenuhi kebutuhan serat tubuh. Apel adalah cara mudah untuk meningkatkan kandungan serat dalam pola diet kamu dan mengurangi sembelit. Kamu bisa memakannya utuh, dijus atau di salad atau dipanggang. Apel Granny Smith memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Faktanya, satu apel berukuran sedang dengan kulit cerah (sekitar 182 gram) mengandung 4,4 gram serat, yang merupakan 17% dari asupan harian yang direkomendasikan.
Sekitar 2,8 gram serat itu tidak larut, sementara 1,2 gram serat larut, sebagian besar dalam bentuk serat makanan yang disebut pectin. Di usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang menarik air ke usus besar, melunakkan feses. Satu penelitian pada 80 orang dengan konstipasi menemukan bahwa pektin dapat mempercepat pergerakan feses melalui usus, memperbaiki gejala sembelit dan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

3. Pir

Pir adalah buah lain yang kaya serat, dengan sekitar 5,5 gram serat dalam buah berukuran sedang (sekitar 178 gram). Itu adalah 22% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Di samping kandungan seratnya, pir sangat tinggi fruktosa dan sorbitol, dibandingkan dengan buah-buahan lain.
Fruktosa adalah jenis gula yang kurang diserap pada beberapa orang. Ini berarti bahwa beberapa di antaranya berakhir di usus besar, di mana ia menarik air melalui osmosis, merangsang gerakan usus. Pir juga mengandung gula alkohol sorbitol seperti fruktosa, sorbitol tidak terserap dengan baik di dalam tubuh dan bertindak sebagai pencahar alami dengan membawa air ke usus. Kamu dapat memasukkan buah pir ke dalam makanan kamu dalam berbagai macam cara. Makan dengan utuh atau dimasak, dengan keju atau memasukkannya ke dalam salad, bahkan dalam hidangan gurih.

4. Kiwi

Buah berwarna hijau ini bisa menyediakan sekitar 2,3 gram serat per buah kiwi (sekitar 76 gram), yang merupakan 9% dari asupan harian yang direkomendasikan lho. Sebuah penelitian pada orang dengan konstipasi menemukan bahwa makan dua buah Kiwi setiap hari selama empat minggu menghasilkan pergerakan usus yang lebih spontan, pengurangan penggunaan pencahar dan peningkatan kepuasan secara keseluruhan dengan kebiasaan buang air besar.
Serat buah Kiwi yang dianggap bisa melawan sembelit. Selain itu, buah untuk sembelit ini juga memiliki enzim yang dikenal sebagai actinidain juga dihipotesiskan bertanggung jawab atas efek positif buah Kiwi pada motilitas usus dan kebiasaan buang air. Buah Kiwi bisa dimakan mentah. Kupas atau potong menjadi dua dan ambil daging hijau dan bijinya. Ini membuat tambahan yang bagus untuk salad buah dan dapat ditambahkan ke smoothie untuk meningkatkan serat.

5. Plum

Buah ini dikenal sebagai obat alami untuk sembelit. Plum mengandung jumlah serat yang tinggi, dengan 2 gram serat per porsi (28 gram), atau 8% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat tidak larut dalam plum, yang dikenal sebagai selulosa, meningkatkan jumlah air dalam feses, yang menambah jumlah.
Sementara itu, serat larut dalam plum difermentasi dalam usus besar untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang juga meningkatkan berat feses. Selain itu, plum mengandung sorbitol. Alkohol gula ini tidak diserap dengan baik oleh tubuh, menyebabkan air ditarik ke dalam usus besar dan menyebabkan efek pencahar pada sejumlah kecil orang. Kamu dapat menikmati plum sendiri atau dalam salad, sereal, oatmeal, makanan yang dipanggang, dan smoothie.
Ingin mencoba buah untuk sembelit yang ampuh? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Buah Ara

Buah ara adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan asupan serat dan meningkatkan kebiasaan buang air besar yang sehat. Satu ara mentah berukuran sedang (sekitar 50 gram) mengandung 1,6 gram serat. Selain itu, 75 gram buah ara kering mengandung 7,3 gram serat, yang hampir 30% dari kebutuhan harian tubuh.
Penelitian pada 40 orang dengan konstipasi mendapati bahwa mengonsumsi 300 gram pasta ara per hari selama 16 minggu membantu mempercepat transit kolon, memperbaiki konsistensi feses, dan meringankan ketidaknyamanan perut.
Menariknya, buah ara mengandung enzim yang disebut ficain, yang mirip dengan enzim actinidain yang ditemukan dalam buah Kiwi. Diperkirakan ini dapat berkontribusi pada efek positifnya pada fungsi usus, di samping kandungan seratnya yang tinggi. Buah ara adalah camilan lezat sendiri dan juga cocok dengan hidangan manis dan gurih. Mereka dapat dimakan utuh, dimasak atau dikeringkan dan cocok dengan keju, serta pizza, dalam makanan yang dipanggang, dan dalam salad.

7. Jeruk

Yup, siapa yang tidak mengetahui bahwa jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mencegah sembelit. Dalam buah jeruk sekitar 131 gram mengandung 3,1 gram serat, yang merupakan 13% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.
Buah jeruk juga kaya akan serat pektin larut, terutama di kulitnya. Pectin dapat mempercepat waktu transit kolon dan mengurangi sembelit. Selain itu, buah jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin, yang dapat berkontribusi pada efek positif buah jeruk pada sembelit Jika kamu ingin mengonsumsi buah jeruk, makanlah buah jeruk segar untuk memastikan kamu mendapatkan jumlah maksimum serat dan vitamin C. Jeruk dan mandarin adalah makanan ringan yang praktis, dan jeruk bali cocok dengan salad atau dipotong setengah untuk sarapan.

8. Buah Beri

Buah beri enak dan mudah dimakan, jadi pilihlah antara raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi, semuanya mudah dikudap dan penuh serat. Misalnya saja ½ cangkir raspberry mengandung 4 g serat untuk membantu meringankan sembelit. Makanlah buah-buahan ini utuh, hidangkan dengan salad, atau haluskan dan bekukan untuk camilan musim panas yang dingin.

9. Dried fruit

Buah kering adalah buah untuk sembelit yang tepat, karena sebenarnya mengandung lebih banyak serat daripada buah segar per sajian. Makanan ringan yang mudah adalah kismis, dengan 7 g serat per cangkir (dibandingkan dengan 1 g dalam 1 cangkir anggur). Selain itu buah aprikot kering adalah sumber serat yang sangat baik.
Tambahkan buah kering ke sereal favorit kamu. Rendam dalam air untuk melunakkannya jika sulit dikunyah. Ingatlah bahwa meskipun buah kering memiliki lebih banyak serat daripada buah segar, ia juga memiliki lebih banyak kalori.

10. Pisang

Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Mereka camilan yang nyaman dan sangat sehat. Kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting, pisang juga mengandung serat yang relatif tinggi, dengan satu pisang berukuran sedang yang mengandung sekitar 3,1 gram nutrisi ini. Serat larut menyerap air, sehingga dapat membantu meningkatkan pergerakan feses melalui saluran pencernaan. Ada banyak cara untuk kamu mengonsumsi pisang, bisa langsung tanpa diolah, dimasak menjadi berbagai hidangan, dan juga dijadikan berbagai macam camilan.
Kini kamu sudah megetahui 10 buah untuk sembelit yang ampuh, jadi tunggu apalagi? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg